RSS

Perkemahan Pramuka Putri Nasional 2012

06 Nov

Perkemahan Pramuka Putri Nasional 2012
Berbagai upaya terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi untuk persiapan pelaksanaan Perkemahan Pramuka Putri Nasional (Perkempinas) II tahun 2012, yang dilaksanakan 17 sampai 23 November 2012 di Bumi Perkemahan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, saat ini sudah dalam kondisi 75 persen, sebagaimana disampaikan Gubernur Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, MM, (HBA), Rabu (03/10/2012) seusai menerima Ketua Kwartir Nasional (Kakwarnas), Prof. Asrul Azwar, di Rumah Dinas Gubernur Jambi.
Dijelaskan Gubernur sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka (GP) Kwartir Daerah (Kwarda) Jambi, kedatangan Kakwarda pagi ini dalam rangka mengecek persiapan Perkimpinas, “selaku tuan rumah kita telah berupaya mempersiapkan semua pasilitas yang diperlukan, seperti inprastruktur jalan menuju ke lokasi, sarana dan prasarana termasuk lokasi Bumi Perkemahan Sungai Gelam, lokasi diselenggarakannya Perkempinas di Jambi tersebut, saat ini kondisinya sudah 75 persen, termasuk lokasi rencana tempat jamuan makan siang Ibu Negara juga sudah siap” tegas Gubernur.
Lebih lanjut disampikan Gubernur, nantinya akan datang Pramuka Putri utusan dari seluruh Indonesia, termasuk dari beberapa negara tetangga, yang jumlahnya lebih dari 5.000 orang, untuk itu kesiapannya memang harus benar-benar matang, tambah Gubernur.Menurut Gubernur, pada Perkempinas II di Jambi ini nantinya akan dirangkaikan dengan kegiatan perikanan yang lokasinya berdekatan, pada kesempatan tersebut akan ada penyerahan bibit ikan patin, tambah Gubernur.Ditegaskan Gubernur, dilaksanakannya Perkempinas di Jambi ini dalam upaya lebih memperkenalkan Jambi, baik kepada para perserta yang datang dari seluruh, dari negara-negara tetangga dan negara asing lainnya, baik yang berkaiatan dengan Bumi Perkemahan yang kita miliki, maupun Jambi secara Umum.
Dijelaskan Gubernur, bahwa Bumi Perkemahan Sungai Gelam ini merupakan Bumi Perkemahan terluas di Indonesia, karenanya Kakwarnas sangat perhatian, dan disamping itu Kwarda Jambi satu-satunya Kwarda yang memiliki lahan perkebunan kelapa sawit yang cukup luas dan hasilnya juga cukup lumayan untuk kepentingan kemajuan anak-anak Pramuka se-Provinsi Jambi, ujar Gubernur.
Pada kesempatan ini Gubernur juga menyampaikan pada kesempatan ini Gubernur juga telah meminta kepada Kakwarnas untuk memikirkan pemanfaatan pasilitas Bumi Perkemahan Sungai Gelam ini, setelah pelaksanaan Perkempinas. Menanggapi hal tersebut Kakwarnas menawarkan berbagai kegiatan bertarap nasional lainnya, seperti Raimuna, Jambore dan sebagainya, bahkan Kakwarnas menawarkan acara yang berkelas dunia. “sehubungan dengan tawaran tersebut kita belum bisa menyetujui, karena pesertanya bisa mencapai 15.000 orang, dan ini masih perlu persiapan yang lebih baik lagi, akan berbagai pasilitasnya,” jelasnya.
Gubernur juga menyampaikan, pada Perkempinas di Jambi ini juga diharapkan akan diikuti lebih banyak Pramuka Putri dari Kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi, “ini kesempatan untuk memperkenalkan kepada putra-putri kita dengan saudara-saudaranya dari berbagai Provinsi di Indonesia, dari negara-negara Asean, bahkan dari beberapa negara lainnya, sekagus guna menambah wawasan bagi anak-anak kita,” ujar Gubernur.
Sedangkan berkaitan dengan anjungan miliki Pemeirntah Kabupaten/Kota dalam Provinsi Jambi yang ada di Bumi Perkemahan Sungai Gelam, disampaikan Gubernur, saat ini sudah ada yang mencapai 100 persen, tetapi memang masih ada yang baru mencapai 50-60 persen. Untuk itu Gubernur telah meminta kepada Bupati dan Walikotanya untuk memperhatikan ini. Tetapi secara keseluruhan dapat dipastikan pada akhir Oktober ini sudah selesai, dan waktu yang dua minggu pada bulan Nopember tinggal pinising, tegas Gubernur.
Sebelumnya Kakwarnas pada kesempatan ini menyampaikan, bahwa kedatangannya pada kesempatan ini guna membahas kemajuan-kemajuan yang telah dicapai dalam rangka persiiapan pelaksanaan Perkepinas di Jambi ini, sehingga pada bulan Nopember mendatang tinggal pelaksanaannya, “dari laporan yang kita terima tinggal pengaturan teknis, pasilitas sudah, panitia sudah, sarana dan prasarana sudah, ujar Asrul Azwar.
Sedangkan kepastian kedatangan Ibu Negara pada pembukaan Perkempinas mendatang, “menurut Kakwarnas, bila tidak ada hal-hal mendesak dapat dipastikan Ibu Negara hadir, ini sudah saya sampaikan langsung kepada beliau, dan Ibu Negara menyampaikan kesediaannya, bila tidak ada acara yang mendesak, disamping itu Gubernur juga telah berkirim surat, jelasnya.
Menurut Kakwarnas, Perkepinas ini diikuti lebih dari 5.000 peserta dari seluruh Indonesia, termasuk dari negara-negara Asean, bahkan banyak negara asing lainnya yang menyatakan akan ikut, namun ini kita batasi, karena disamping belum adanya penerbangan langsung ke Jambi, keikutsertaan peserta dari negara-negara asing perlu pengamanan, ujar Kakwarnas. (Sunarto / fotografer Novriansah)
(http://pramuka.or.id/news/news.php?intID=267&intGroup=1)

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 6 November 2012 in Uncategorized

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: