RSS

“Muhammad Orang Nomor Satu di Dunia”

21 Feb

“Muhammad Orang Nomor Satu di Dunia”

“Dalam sejarah peradaban umat manusia, Muhammad SAW adalah manusia yang tidak ada tandingnya. Beliau dinobatkan oleh seluruh tokoh penulis sejarah peradaban manusia sebagai orang nomor satu di dunia. Mengapa demikian? Karena pada jiwa Muhammad SAW terdapat kesetaraan antara ucapan yang diucapkan, dengan perbuatan yang beliau lakukan. Ketauladanan antara ucapan dan perbuatan selama menjadi pemimpin umat, di bidang keagamaan, politik, ekonomi, sosial budaya, bahkan strategi perang, telah membuktikan bahwa beliaulah satu-satunya manusia yang pernah lahir di muka bumi ini yang patut dijadikan figur dalam segala sisi kehidupan. Pencerminan empat pilar sifat yang menyatu dalam jiwa beliau, sidiq(benar), amanah (terpercaya), tabligh (menyampaikan) dan fathanah(cerdas), benar-benar telah menghantarkan Nabi Muhammad SAW menjadi sanjungan segenap manusia,yang tiada duanya di dunia ini. Dan itu diakui bukan hanya orang muslim tapi juga orang-orangdi luar Islam” Demikian secercah kutipan tausiyah Ustad Dr. H. Hermanto Harun, Lc, MA, pada Peringatan Hari Besar Islam, Maulid Nabi Muhammad SAW 1434 H di Masjid Darul ‘Ulum Kampus SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti (SMAN TTHAS) Jambi, Kelurahan Pijoan, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, Jum’at (1/2).

Lebih lanjut Ustad H. Hermanto menegaskan bahwa Nabi Muhammad SAW pada masa penyebaran Islam telah menanamkan rasa toleransi antar umat beragama. Istilah pluralisme agama yang dipopulerkan oleh tokoh-tokoh pembaharu Islam masa kini, sebenarnya pada zaman beliau dulu sudah ada. Semua tertuang dalam piagam Madinah.
Artinya penganut agama lain yang minoritas, jika berdomusili di lingkungan yang mayoritas Islam, maka mereka akan hidup aman dan damai. Begitulah keindahan tatanan ajaran Islam dalam kehidupan di dunia membaur dengan sesama manusia, tanpa membedakan ras, suku bahkan agama. Tapi sangat disayangkan jika saudara kita yang muslim tinggal di tengah-tengah mayoritas agama lain, mereka selalu tertindas dan tidak bisa hidup tenang. Walau demikian Islam tidak pernah menggap itu sebagai musuh, paparnya pula.

Dalam majlis maulidurrasul SAW itu, ustad juga berharap kepada siswa dalam pergaulan sehari-hari carilah teman yang baik, teman yangbukan hanya bisa diajak senang tapi juga mau diajak susah. Jangan sampai terpengaruh pada hal-hal yang negatif, yang bisa merusak diri sendiri dan iman, seperti minuman yang memabukkan, menkonsumsi narkoba dan pergaulan bebas. Jika kita sudah berada pada ketiga lingkaran syetan ini, alamat masa depan kita akan hancur, tidak memiliki ideologi yang mampu mengendalikan diri ke arah yang positif. Pemuda harapan bangsa model seperti ini tidak bisa diharapakan menjadi penerus kepemimpinan bangsa. Karena itu menghindari dan menjauhinya adalah harga mati, imbuhnya.

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 21 Februari 2013 in Uncategorized

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: