RSS

Membangun Citra Diri

19 Okt

Membangun Citra Diri
Melambungkan angan setinggi langit dan menyetarakan hati sejajar bumi, ungkapan orang bijak yang sulit dikendalikan. Boleh jadi kalimat awal gampang diisyaratkan semudah membalikkan telapak tangan, sama halnya pada kalimat kedua. Tapi realitasnya dalam kehidupan ternyata lebih sulit menggulingkan batu besar yang terpampang di hadapan mata.

Ketika kecil masih ingusan dulu jika ditanya, “Apa cita-citamu, Nak?” Lantang kita jawab, “Dokter, polisi, tentara, pilot,” dan macam-macam lagi. Artinya kodrat manusia menginginkan ketercapaian hidup yang luar biasa sudah terjadi sejak masa balita. Lumrah. Dan itu harus dilalui secara bertahap. Demi mengejar apa yang diinginkan kita rela dititipkan di play grup, Taman Kana-kanak, disekolahkan di SD, SLTP, SLTA dan Perguruan Tinggi secara berurutan. Jangan coba-coba loncat, dari play grup langsung SLTP atau dari SD langsung SLTA. Menyalahi aturan kodrat manusia yang pertumbuhan dan perkembangan anatomi tubuhnya tumbuh dan berkembang secara bertahap pula.
Dalam proses itulah pembinaan mental atau instink dilakukan. Perlahan tapi pasti harus mengikuti tahap demi tahap diseimbangkan dengan proses perkembangan jiwa dan tingkah laku. Ternyata setelah melalu proses yang rumit tidak sedikit manusia berhasil dengan menyimpang dari keinginan semula. Cita-cita kecilku, ingin jadi dokter ternyata menjadi seorang guru, polisi jadi pedagang, tentara jadi pelaut, pilot jadi ekonom dan lain-lain. Hal ini terjadi karena situasi budaya, lingkungan dan prospek kekinian. Walau tidak sedikit cita-cita masa balita jadi kenyataan. Bagian ini perlu diberi penghargaan dengan acungkan jempol.
Lalu untuk apa proses? Hewan yang hanya punya naluri (baca instink) tidak punya akal saja jika tumbuh dan berkembang dalam budaya intelek bisa jadi merubah pola hidupnya. Mengapa kita yang serba lengkap tidak? Wallahu a’lam bish-shawab…!

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 19 Oktober 2010 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: