RSS

Memaknai Sumpah Pemuda

28 Okt

Memaknai Sumpah Pemuda

Hari ini (28 Oktober 2010) Hari Sumpah Pemuda diperingati, sebagai bukti otentik bahwa 82 tahun silam tepatnya pada tanggal 28 oktober 1928 pemuda Indonesia telah bangkit. Karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 oktober ini sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia, proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas di bawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu. Kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada masa itu untuk membulatkan tekad demi Mengangkat Harkat dan Martabat Hidup Orang Indonesia Asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.

Rumusan Sumpah Pemuda ditulis Moehammad Yamin pada sebuah kertas ketika Mr. Sunario, sebagai utusan kepanduan tengah berpidato pada sesi terakhir kongres. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin.

Semangat Sumpah Pemuda kiranya mampu memacu motivasi pemuda masa kini untuk lebih memajukan negeri ini. Allah tidak akan merubah nasib suatu bangsa kalau bangsa itu tidak berusaha merubahnya. Di pundak pemudalah amanat itu dipikulkan. Mari kira ubah bangsa ini menjadi negeri yang lebih maju dan menjadi negara bermartabat di mata dunia. Bangkit pemudaku!

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 28 Oktober 2010 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: