RSS

Takaran Qurban

14 Nov

Takaran Qurban

Seiring semakin dekatnya Idul Adha, kita segarkan kembali beberapa aturan mengenai qurban, terutama masalah jumlah orang yang hendak berqurban. Karena masih ada kerancuan yang dialami kaum muslim, terutama di Indonesia.

Kambing hanya boleh diqurbankan oleh 1 orang, sementara sapi atau unta boleh diqurbankan oleh (maksimal) 7 orang. Hal ini berdasarkan pada hadits berikut: “Kami menyembelih hewan pada saat Hudaibiyah bersama Rasulullah SAW. Satu ekor badanah (unta) untuk tujuh orang dan satu ekor sapi untuk tujuh orang.” (HR. Muslim, Abu Daud dan Tirmizy)

Tidak ada hadits yang menjelaskan atau membolehkan adanya qurban kambing yang dilakukan oleh lebih dari 1 orang.
Di sekolah-sekolah, seringkali diminta sumbangan untuk qurban. Hal ini adalah kesalahan, karena tidak ada dalil yang shahih untuk membolehkan qurban kambing dengan sumbangan 1 kelas. Niatnya mesti diubah menjadi Sedekah, Bukan Qurban. Hal yang sama jika hendak berqurban sapi, tapi yang berpartisipasi (menyumbang atau patungan) jumlahnya lebih dari 7 orang.

‘Patungan’ dalam berqurban (sapi) bisa dilakukan dalam 1 keluarga, walau jumlahnya tidak sampai 7 orang. Sementara itu dalam riwayat lain, Rasululloh SAW berqurban 1 kambing untuk 1 keluarga (beliau). Riwayat lain yang juga menuturkan ,“Pada masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ada seseorang (suami) menyembelih seekor kambing sebagai qurban bagi dirinya dan keluarganya.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah)

Hanya saja sebagian ulama belum mendapat rincian riwayat ini. Untuk amannya lebih baik qurban 1 kambing untuk 1 orang, 1 ekor sapi untuk 7 orang. Wallahu a’lam.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 14 November 2010 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: