RSS

Yuk, Bangun Pagi

18 Des

Yuk Bangun Pagi

HBA (Hasan Basri Agus), Gubernur Jambi, mencanangkan Bangun Pagi Indonesia Provinsi Jambi hari ini (18/12) bertempat di SMA Titian Teras Jambi. Berikut sekelumit tentang pemaknaan dan manfaat bangun pagi.

RIANA HELMI sukses masuk Fakultas Kedokteran UGM (Universitas Gajah Mada) di usianya yang baru 14 tahun (rata-rata usia anak duduk di kelas 2 SMP) . Bukan sulap bukan artis sinetron. Anda yang masih berstatus pelajar juga bisa mengikuti sukses studinya Riana. Nggak perlu belajar berjam-jam manteng di depan buku. Karena menurut dia percuma baca buku berjam-jam kalau nggak ada yang masuk. Lantas apa yang membuat dara kelahiran 22 Maret 1991 ini sukses tembus UGM lewat system PBS (Penelusuran Bibit Skolastik)? Salah satunya karena dia punya kebiasaan belajar jam 3 pagi.
Dalam dunia Islam, ternyata kebiasaan untuk bangun pagi ini sudah dibuktikan manfaatnya oleh para sahabat sejak 14 abad yang silam. Para sahabat dan cendikiawan muslim sudah diakui kehebatannya dalam merumuskan masalah-masalah pokok khasanah ilmu pengetahuan, dalam berbagai disiplin ilmu. Kegemerlapan otak mereka tidak terlepas dari budaya mereka, bangun pagi bahkan sebelum waktu shalat subuh tiba.
Inilah bukti keakuratan perintah Allah SWT yang menyuruh kita untuk bangun di sepertiga malam, sekitar jam 2 hingga jam 3 dini hari. Di surat Al-Muzammil ayat 5, Allah SWT menjelaskan bahwa Dia akan menurunkan perkataan yang berat, yang tidak bakal nyambung kalau di siang hari. Barangkali ini termasuk permasalahan yang sulit diatasi ketika siang atau sore, di waktu inilah diberi keenceran otak untuk mencernanya.
Hasil Penelitian
Menurut para ahli di bidang kesehatan, udara di sepertiga malam yang terakhir (apabila malam dibagi menjadi tiga bagian waktu) sangat kaya dengan oksigen dan belum terkotori oleh zat-zat lain sehingga sangat bermanfaat dalam mengoptimalisasikan metabolisme tubuh. Hal ini akan mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap vitalitas seseorang dalam aktivitasnya selama seharian penuh. Inilah anugerah yang luar biasa besar dari Tuhan yang diberikan melalui kesegaran alam di waktu pagi untuk makhluk-Nya. (http. kesehatan.kompasiana.com)
Pada citus internet yang lain (http. Ulumudin-colegge.blogspot.com) hasil penelitian Dr.Alexander Bruce dari Jerman yang dimuat di majalah Al-Muslimun, menghasilkan sebuah temuan bahwa di waktu subuh, kadar gas ozon yang mengandung oksigen mencapai puncaknya dan akan menipis perlahan-lahan hingga matahari terbit. Sementara, gas ozon ini sangat ampuh untuk mencegah kerusakan paru-paru, tersumbatnya urat nadi, memperlancar peredaran darah, penyakit gula, asma, penuaan, alergi, penyakit jantung, meningkatkan kekebalan tubuh, serta merangsang urat syaraf bekerja dengan baik. Kalau menghirup nafas yang panjang di pagi hari, kecepatan aliran darah menuju otak juga akan bertambah, maka otak akan memperoleh darah kaya oksigen lebih cepat. Walhasil, otak juga lebih cepet nyambung kalau disuruh berfikir.

Penelitian lain menunjukkan, sesudah tidur malam yang baik, irama otak kita berfungsi sangat baik. Pemahaman, wawasan dan penguasaan akan berbagai masalah yang berat dan rumit lebih sukses dihadapi pada pagi hari ketimbang pada jam-jam selanjutnya. Kenapa begitu? Karena tidur merupakan penyegaran otak yang paling alami. Setelah otak istirahat total di malam hari, pagi hari otak sudah ready untuk melakukan pekerjaan dan rutinitas sehari-hari. Tamsilnya anda adalah orang yang paling cerdas dalam mengatasi masalah pada hari ini.

Sisi lain, di pagi hari tubuh memproduksi hormon pertumbuhan. Hormon pertumbuhan ini penting dalam memeperbaiki takaran, kualitas dan daya guna otak. Hormon tersebut meningkatkan pengantaran asam amino dari darah ke otak, yang membuat sel-sel syaraf dapat menjadikan apa yang dipelajari jadi permanen. Kita bakal selalu ingat segala hapalan walau bertumpuk-tumpuk. Tapi ingat, hormon pertumbuhan banyak diproduksi waktu tidur, yaitu tidur sebelum tengah malam yang nyaman dan bermutu. Jadi disadari juga jangan selalu begadang.

Hormon lain yang tidak kalah penting adalah cortisol. Puncak produksinya dari tengah malam hingga menjelang subuh. Cortisol memainkan peran utama membantu kita menghadapi stressor (penyebab stress) pada pagi hari, mengurangi peradangan dan keletihan. Wah, keren banget kan? Nggak heran kalau lihat tampang orang yang bangun siang biasanya rada-rada mengarah kepada ‘4L’ (lemah, lesu, letoy, lunglai) dan kurang sedap ‘gimana gitu….’ Karena kalau anda bangun siang, pasti deh nggak kebagian cortisol yang cool buat menahan stress. Akibatnya dahi jadi berkerut, wajah sedikit keriput, pipi kempot, kulit nyusut, muka merengut, lengkap menandai awal penuaan dini. Heee…

Manfaat Bangun Pagi
Ketika bangun pagi, anda dapat menikmati udara segar yang belum terkena polusi, terutama anda tinggal di perkotaan. Saat itu sangat tepat untuk memasukan sebanyak mungkin udara segar ke paru-paru dengan berolah raga (senam pagi). Dengan kata lain, membiasakan bangun pagi dapat membuat pikiran dan tubuh anda jauh lebih sehat.
Di pagi hari, anda akan melihat semua hal berbeda dibandingkan pada waktu-waktu setelahnya. Kesegaran yang hadir di pagi hari memunculkan mood yang baik untuk bekerja. Sehingga bangun pagi sebenarnya juga membuat anda lebih bersemangat dalam menjalani seluruh aktivitas selanjutnya. (htt. primastudy.com)
Bangun pagi juga dapat meningkatkan produktivitas bahkan disiplin pribadi anda. Ketika anda bangun lebih siang besar kemungkinan anda mengalami kesulitan untuk memenuhi berbagai janji atau aktivitas di pagi hari. Anda mungkin bisa menghindari kesulitan ini dengan (sedikit) menggeser janji ke siang hari. Namun tentu akan ada saat di mana anda harus memenuhi janji di pagi hari. Ketika hal itu terjadi akan hanya ada dua pilihan bagi anda, terlambat hadir atau datang dengan kondisi kurang segar akibat kurang istirahat. Keduanya sama-sama tidak menguntungkan. Tanpa disadari produktivitas anda terus menurun akibat beban kerja yang tidak proporsional dengan alokasi waktu yang tersedia dan anda semakin sering kehilangan berbagai peluang potensial. Belum lagi citra buruk yang didapat orang lain mengenai diri anda.
Manfaat lain yang dapat anda ambil dari bangun di pagi hari seperti, bangun pagi akan membuat tubuh lebih sehat. Menghirup udara yang masih segar dapat membantu mengumpulkan cadangan energi untuk beraktivitas sepanjang hari. Bila bangun pagi, anda akan sempat berolah raga (senam pagi) meskipun waktunya hanya beberapa menit saja. Waktu anda tidak dikejar-kejar rasa takut terlambat masuk kerja atau aktivitas lain maka pikiran pun akan lebih enjoy menghadapi hari. Ini sangat berpengaruh pada aspek psikologis anda. Selain tubuh yang segar kembali, pikiran anda pun akan segar kembali bila melihat suasana pagi yang tenang dan damai, belum tercampur polusi dan masalah yang dapat menekan kehidupan anda. Dengan bangun pagi, anda akan punya banyak waktu untuk bersyukur. Bersyukur karena Allah masih mengizinkan untuk terbangun di pagi hari dan memulai hidup agar lebih baik dari kemarin. Banyak waktu yang terbuang di pagi hari bila anda melewatkan pagi dengan hanya tertidur. Padahal banyak kegiatan yang bisa dikerjakan di pagi hari. Misalnya mengerjakan tugas untuk siang hari atau esok hari agar tugas kita bisa cepat selesai. Mungkin anda bisa selangkah lebih maju bila anda bisa memanfaatkan waktu pagi dengan sebaik-baiknya. (http. fitkom.blogspot.com)

Perlu perhatian, tidur memang hal yang sangat diperlukan manusia. Tapi bila kadarnya berlebihan akan menyebabkan efek yang negatif. Dan hal yang paling disayangkan bila anda tidak bangun di pagi hari adalah pemborosan waktu. Bagaimanapun, walaupun kelihatannya sepele, tapi waktu adalah hal penting dalam hidup ini. Siapa yang bisa memanfaatkan waktu maka ialah yang dikatakan berhasil. Dalam hal apapun, manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya, di antaranya adalah dengan bangun pagi dengan porsi tidur yang sesuai.

Masih mikir dua kali untuk bangun pagi-pagi atau tidur lagi setelah bangun pagi? Kaya’nya nggak sih. Apalagi telah dicanangkan gerakan bangun pagi hari ini, dari lubuk hati terdalam, mengingat begitu besar manfaat bangun pagi, yuk, mulai hari ini kita hilangkan istilah bangun ‘molor’ demi menyongsong masa depan cemerlang dan cerah secerah mentari yang terbit di ufuk Timur. Wallahu a’lam bishshawab. (Salwinsah Guru SMA Titian Teras Jambi)

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 18 Desember 2010 in Uncategorized

 

2 responses to “Yuk, Bangun Pagi

  1. Mahdy Center

    15 November 2014 at 9:46 am

    Alhamdulillah bermanfaat sekali

     
    • salwintt

      27 November 2014 at 10:53 am

      alhamdulillah. trimkasih

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: