RSS

Sumpah

21 Des

Sumpah

Dalam kehidupan kita sehari-hari rasanya tidak jarang kita temui perkataan-perkataan yang bernuansa sumpah seperti demi Allah, demi Allah dan rasul-Nya demi Tuhan dan lain sebagainya yang diucapkan oleh seseorang untuk mendukung argumentasi/alasannya atau untuk mempertahankan penolakannya terhadap sesuatu yang dituduhkan kepada dia. Kemudian pertanyaan yang terlintas dalam benak kita adalah apakah perkataan semacam itu termasuk kategori sumpah atau tidak. Hal ini mengingat perkataan itu diawali dengan kata ‘demi’. Oleh karena itu agar kasus-kasus yang semacam ini menjadi jelas dari tinjauan fikihnya kami sebutkan sisi dan bagian yang terpenting dari sumpah itu seperti sebagai berikut.

Defenisi Sumpah Sumpah menurut fikih yaitu menggunakan nama-nama Allah SWT atau sifat-sifat-Nya untuk bersumpah. Contoh “Demi Allah sungguh aku akan lakukan ini” atau “Demi Zat yang jiwa ragaku berada pada kekuasaan-Nya sungguh aku akan lakukan ini” atau “Demi Zat yg membolak-balikkan sanubari-hati manusia sungguh aku akan lakukan ini” dan sejenisnya. Hal-Hal yang Dapat Digunakan untuk Bersumpah itu hanya bisa dilakukan dengan menggunakan nama-nama Allah atau sifat-sifat-Nya. Karena Nabi saw. bersumpah dengan Allah Zat yang tiada Tuhan selain-Nya dan bersumpah dengan ucapannya “Demi Zat yang jiwa ragaku berada pada kekuasaan-Nya.” Demikian pula Jibril as bersumpah dengan sifat izzah Allah maka Jibril berkata “Demi sifat izzah-Mu seseorang tidak akan mendengarkan surga kecuali dia pasti memasukinya.” .

Dengan demikian seseorang tidak boleh bersumpah dengan selain nama-nama dan sifat-sifat Allah SWT baik bersumpah dengan sesuatu yang diagungkan dan dimulyakan Allah atau bersumpah dengan Nabi saw. Hal ini berdasarkan sabda Nabi saw. di bawah ini “Barangsiapa bersumpah hendaknya dia bersumpah dgn Allah atau hendaknya dia berdiam diri.” . “Janganlah bersumpah kecuali dengan Allah dan janganlah bersumpah kecuali kamu dalam keadaan benar.” . “Barangsiapa bersumpah dengan selain Allah maka dia telah musyrik.” . “Barangsiapa bersumpah dengan selain Allah maka dia telah kafir.” . Macam-Macam Sumpah Sumpah itu ada tiga macam sumpah palsu sumpah tanpa sengaja dan sumpah yang sah .

Sumpah palsu yaitu seseorang bersumpah dengan sengaja untuk berbohong. Seperti dia berkata “Demi Allah sungguh aku membeli ini dengan harga Rp 50.00000″ padahal dia tidak membelinya dengan harga sebanyak itu atau dia berkata “Demi Allah sungguh aku telah melakukan hal ini” padahal dia tidak melakukannya. Sumpah ini disebut yamin ghamus karena sumpah itu menjadikan pelakunya berdosa. Sumpah ini adalah sumpah yang disinyalir oleh sabda Nabi saw. “Barangsiapa bersumpah dan dia berdusta dalam sumpah itu untuk memakan harta seseorang muslim maka dia pasti bertemu dengan Allah dalam keadaan murka.” . Sumpah ini tidak cukup dibayar dengan kaffarah . Akan tetapi pelakunya wajib bertobat dan memohon ampun kepada Allah SWT. Hal itu karena besarnya dosa sumpah tersebut apalagi jika sumpah palsu itu dimaksudkan untuk mengambil hak seorang muslim dengan cara yang tidak benar .

Sumpah laghwu yaitu sumpah yang biasa diucapkan oleh seseorang muslim tanpa unsur kesengajaan. Seperti orang yang memperbanyak kata “Tidak Demi Allah” dan “Ya Demi Allah” dalam pembicaraanya. Hal ini berdasarkan ucapan Aisyah r.a. “Sumpah laghwu adalah seseorang berkata di rumahnya ‘tidak Demi Allah’.” .
Termasuk sumpah laghwu adalah seseorang bersumpah terhadap sesuatu dia mengira sesuatu itu seperti ini kemudian tiba-tiba perkiraannya meleset. Sumpah tersebut hukumnya berdosa tetapi orang yg mengucapkannya tidak wajib membayar kaffarah sebagaimana yang difirmankan Allah dalam Alquran “Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpahmu yang tidak dimaksud tetapi Dia menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpah yang kamu sengaja..” .

Sumpah yang sah yaitu sumpah yang niat awalnya dimaksudkan untuk sesuatu yang akan datang. Seperti seorang muslim berkata “Demi Allah sungguh akan aku lakukan hal ini” atau “Demi Allah sungguh tidak akan aku lakukan ini.” Sumpah seperti ini pelakunya akan dikenai hukum jika dia melanggar sumpahnya. Hal ini berdasarkan pada firman Allah SWT di atas “?tetapi Dia menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpah yang kamu sengaja..” .

Hukum sumpah tersebut adalah jika pelakunya melanggar sumpahnya dia berdosa dan wajib membayar kaffarah untuk pelanggaran itu. Namun jika dia melakukan sumpahnya hilanglah dosa dari pelanggaran itu. Kaffarah Sumpah Kaffarah sumpah itu ada empat macam yaitu
Memberikan makan kepada sepuluh orang miskin tiap orangnya 1 mud makanan pokok/beras. Atau mengumpulkan mereka semua diajak makan siang/makan malam sampai mereka kenyang. Atau memberikan beras dan lauk kepada mereka.

Memberikan kepada masing-masing dari mereka pakaian yang cukup untuk melakukan salat. Jika pelanggar sumpah itu memberikan pakaian kepada orang wanita hendaknya dia memberikan pakaian yang bisa digunakan untuk melakukan salat seperti mukena.
Memerdekakan seorang budak mukmin.

Berpuasa tiga hari berturut-turut jika mampu jika tidak berpuasa tiga hari secara terpisah. Mengenai urutan kaffarah di atas seseorang boleh memilih salah satunya. Namun seseorang hendaknya tidak langsung memilih puasa kecuali bila dia benar-benar tidak mampu melakukan salah satu dari ketiga hal di atas. Hal ini berdasarkan firman Allah SWT yang artinya “? maka kaffarah sumpah itu adalah memberi makan sepuluh orang miskin yaitu dari makanan yang biasa kamu berikan kepada keluargamu atau memberikan pakaian kepada mereka atau memerdekakan seorang budak. Barangsiapa tidak sanggup melakukan demikian maka kaffarahnya melakukan puasa selama tiga hari. Yang demikian itu adalah kaffarah-kaffarah sumpahmu bila kamu bersumpah ..”.

Hal-Hal yang Menggugurkan Kaffarah Kaffarah dan dosa itu bisa gugur atas orang yang bersumpah lantaran dua hal yaitu
Melakukan sesuatu yang dia bersumpah untukk meninggalkannya atau meninggalkan sesuatu yang dia bersumpah untuk melakukannya atau melakukan sesuatu yang disumpahi untuk ditinggalkannya atau meninggalkan sesuatu yang disumpahi untuk dilakukannya tetapi dia ketika melakukan atau meninggalkannya dalam keadaan lupa atau khilaf atau dipaksa orang yang jabatan/kedudukannya lebih tinggi dari pada dia. Hal ini berdasarkan sabda Nabi saw. “Dicabut dari umatku sebab kesalahan kelupaan atau karena mereka dipaksa melakukannya.” .
Dia menyelah-nyelah sumpahnya seperti dia berkata “Insya Allah ” atau “Kecuali Allah menghendaki” dan penyelahan itu dilakukan di tempat dia bersumpah. Hal ini berdasarkan sabda Nabi saw. “Barangsiapa bersumpah lalu dia berkata ‘Insya Allah’ maka dia tidak melanggar sumpahnya.” .

Ketika dia tidak melanggar sumpahnya maka dia tidak berdosa dan tidak wajib membayar kaffarah. Wajib Merealisasikan Sumpah Jika seseorang bersumpah kepada saudaranya muslim untuk melakukan hal tertentu wajib bagi dia merealisasikan sumpahnya dan tidak melanggarnya dengan cara meninggalkan hal yang dia bersumpah dengan hal itu. Hal ini berdasarkan sabda Nabi saw. kepada seorang wanita yang mendapatkan hadiah kurma dari orang lain lalu wanita itu makan sebagian kurma yang didapatkan itu dan meninggalkan sisanya. Kemudian wanita itu bersumpah untuk memakan sisa kurma itu. Tiba-tiba dia enggan memakannya maka Rasulullah saw. bersabda kepadanya “Realisasikanlah sumpahmu karena dosa itu ditanggung orang yang melanggar .” . . Sumber Minhajul Muslim Abu Bakar Jabir al-Jazaairi Al-Islam – Pusat Informasi dan Komunikasi Islam Indonesia
(sumber file al_islam.chm)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 21 Desember 2010 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: