RSS

Halal bi Halal SMA TT

10 Sep

Halal bi Halal SMA TT

Keluarga besar SMA Titian Teras (SMA TT) Jambi mengadakan acara halal bi halal 1432 H di Masjid Darul ‘Ulum Komplek SMA TT, Pijoan, hari ini Sabtu (10/9/2011). Ustad M. Toni MT, S.Ag dalam tausiahnya menjelaskan bahwa halal bi halal bisa dimaknakan sebagai upaya melerai atau memisahkan benang yang kusut. Setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa Ramadhan, sebagai peningkatan hubungan vertical kepada Allah SWT, begitu tiba bulan Sawal umat Islam langsung bermaaf-maafan sebagai peningkatan jalinan silaturahmi, hubungan horizontal sesama manusia, yang di Indonesia diistilahkan dengan halal bi halal. Dalam kehidupan beragama kedua hubungan ini tidak bisa dipisahkan. Tidak dikatakan muslim sejati jika hanya baik hubungannnya kepada Allah SWT, sementara pada sesama manusia berantakan. Pun sebaliknya tidak dikategorikan muslim sempurna jika hanya baik jalinan pada sesama manusia, sementara kepada Allah SWT tidak ideal. M. Toni melanjutkan, falsafah semut sangat elok jika ingin dijadikan teladan dalam pergaulan sehari-hari. Semut, setiap kali berpas-pasan dengan teman-temannya selalu “bersalam-salaman,” artinya kita jika bertemu dengan sesama, dianjurkan untuk senantiasa mengimplementasikan ‘S3’ (Salam, Sapa dan Senyum).

Sebelumnya, Kepala SMA TT, Drs. Edy Purwanta, M.Pd dalam sambutannya menuturkan bahwa, halal bi halal ini adalah ajang silaturahim antara pamong (majlis guru) SMA TT dengan orangtua/wali, pemerintah setempat dan seluruh siswa. Sehingga di antara kita tidak ada lagi tersimpan dendam-dendam dan kesalahan. Setelah sebulan penuh berpuasa Ramadhan, dilengkapi dengan acara bermaaf-maafan ini, maka cukuplah rasanya upaya kita untuk meningkatkan kenyamanan menjalani hidup di dunia ini, sebagai upaya peningkatan rasa keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.
Acara halal bi halal dihadiri oleh pamong dan siswa SMA TT, orangtua/wali, pengurus Yayasan Pendidikan Jambi, unsur pemerintahan, dan para tamu undangan lainnya.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 10 September 2011 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: