RSS

Renungan Waktu (Langkah 2012)

06 Jan

TIDAK seorangpun yang mampu membendung derasnya perjalanan waktu. Bagai pepatah mengatakan, anjing menggonggong, kafilah tetap berlalu. Tanpa peduli situasi seperti apa waktu tetap berjalan di fokus orbitnya.
Manusia, dialah yang mengerti akan arti penting dari perjalanan waktu. Manusia bijak akan mampu menkondisikan waktunya untuk menentukan ke mana arah langkah kehidupan ini. Karena manusialah makhluk ciptaan tuhan yang paling sempurna dengan dibekali akal pikiran. Dengan modal itu manusia lalu dinobatkan sebagai khalifah di bumi, mengatur alam sesemsta lengkap dengan isinya, demi kelangsungan keturunan selanjutnya. Namun kemampuan mengolah akal antara manusia satu dengan lainnya memiliki perbedaan. Kembali ada anugerah yang menjadi bahan renungan manusia mengapa tuhan menciptakan seperti itu.
Berbahagilah bagi manusia yang mampu memanfaatkan waktu dengan baik. Hari ini harus lebih baik dari kemaren, esok harus lebih baik dari hari ini. Inilah statemen bijak untuk semua manusia. Namun harus dimaklumi, implementasinya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak rencana, angan dan harapan dibuat oleh manusia, tetapi hasil yang didapatkan jauh dari kenyataan. Apakah realita ini harus dinyatakan gagal? Jawabnya boleh ya, boleh tidak. Ya, karena hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, semua orang akan mengatakan gagal. Tidak, karena sudah digariskan di telapak tangan manusia untuk mencapai suatu tujuan tidak mesti dilakukan dalam satu kali percobaan. Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Maka untuk mencapai keberhasilan prosesnya harus berulang-ulang. Bagian mana yang membuat gagal, pada perjuangan selanjutnya akan menjadi pengalaman, diperbaiki, agar tidak mengalami kegagalan kedua kalinya.
Peristiwa masa lalu tidak mungkin akan kembali lagi. Sudah berlalu dan tersimpan dalam memori kehidupan yang akan kita buka di hari akhir nanti. Ia hanya bisa kita jadikan pengalaman dan perbandingan untuk melanjutkan langkah selanjutnya. Langkah yang salah jangan sampai terulang kembali. Langkah yang baik kita teruskan dan berusaha diperbaiki agar bobotnya lebih meningkat.
Jalan baru yang penuh liku bakal terpampang di depan mata. Pun harus kita coba untuk dilalui demi menemukan tantangan baru pula. Perjalanan baru yang akan kita hadapi, semua manusia tidak ada yang tau akan berbentuk apa. Terangkah, redupkah, gelapkah, hanya masih dalam bentuk ramalan dan reka-reka. Realitanya, jalani saja dengan langkah tegap penuh kepastian dan keyakinan. Selamat tahun baru 2012…!

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 6 Januari 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: