RSS

Siswa SMA Titian Teras Berwisata Ke Malyasia, Singapura dan Thailand

12 Jan

Siswa SMA Titian Teras Berwisata Ke Malyasia, Singapura dan Thailand

Empat Puluh Tujuh siswa kelas XI Program IPA dan IPS SMA Titian Teras Jambi dengan sembilan guru pendamping, mengadakan studi wisata ke luar negeri dari tanggal 19 hingga 25 Desember 2011. Objek wisata yang dikunjungi adalah Johor Bahru dan Kota Kuala Lumpur, Malaysia, Singapura, Hatyai dan Songkhla, Thailand. Dari Bandar Udara Sultan Thaha Kota Jambi rombongan terbang ke Kota Batam dengan maskapai penerbangan Sriwijaya. Dari kota industri ini langsung bertolak ke Johor Bahru menggunakan tranportasi laut (speed boad) hanya menempuh waktu 45 menit.
Program tahunan SMA Titian Teras ini adalah pertama kalinya diselenggarakan dengan tujuan luar negeri. Pada tahun-tahun sebelum hanya mengunjungi Perguruan Tinggi Favorit di Pulau Jawa seperti Universitas Gajah Mada (UGM) di Jogya, Universitas Indonesia (UI) di Jakarta dan Institut Teknologi Bandung (ITB) di Bandung, serta objek wisata pendidikan dan bersejarah lainnya seperti Istana Negara, Kraton Jogya, Musium Jogja Kembali, Candi Borobudur, Museum Dirgantara Mandala, Kawah Putih dan lain-lain.
Kepala SMA Titian Teras Jambi, Edy Purwanta, M.Pd, sebagai ketua robongan ketika ditanyakan tujuan wisata ini menjelaskan, bahwa selain misi berstudi wisata, tujuan tur kali adalah memberikan pembekalan pengalaman kepada peserta didik bagaimana cara mengadakan perjalanan ke luar negeri. Sehingga ketika mereka kelak ingin melanjutkan pendidian ke luar negeri setidak-tidaknya telah memiliki pengalaman. “Selain itu mengenalkan kepada siswa tentang budaya-budaya negara yang dikunjungi, untuk diambil hal yang positif dan bermanfaat, seperti kedisiplinan, kebersihan atau tata krama untuk diceritakan kepada teman-teman mereka di sekolah, dan tidak menutup kemungkinan untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Yang jelas perjalanan wisata ini sangat bermanfaat bagi peserta didik, bukan hanya melihat keindahan panorama alam, tetapi lebih dari itu memberikan pembekalan pengalaman bagaimana beradaptasi dengan orang asing” ujarnya.
Sehari sebelumnya siswa kelas XI program IPA dan IPS lainnya mengadakan studi wisata ke pulau Jawa selama delapan hari (18-26 Desember 2011) . Dengan menggunakan lima armada bis 200 siswa dan 18 guru pendamping rombongan menelusuri rute perjalanan yang sudah di jadwalkan di antaranya, Istana Negara, Kraton Jogya, Candi Borobudur, Museum Dirgantara Mandala, Kawah Putih dan taman wisata lainnya. Untuk pembekalan pendidikan mereka beraudiensi dengan pimpinan UGM (Universitas Gajah Mada) di Jogja dan UI (universitas Indonesia) di Jakarta.
Ketua rombongan, Suyadi, M.Pd, ketika ditanya apa misi kegiatan ini menuturkan bahwa studi wisata seperti ini sudah menjadi program sekolah yang diagendakan untuk peserta didik kelas XI program IPA dan IPS ketika mereka menghadapi liburan semester ganjil. “Sebagai ‘refreshing’ bagi anak-anak setelah enam bulan jenuh belajar di kelas yang diakhiri dengan ujian semester. Sebagai mengisi liburan mereka, sebelum pulang ke rumah masing-masing maka sekolah mengagendakan berstudi wisata, setiap tahunnya bagi siswa kelas XI.”
Selanjutnya Suyadi juga mengatakan bahwa setiap peserta didik yang ikut pada perjalanan tur ini wajib melaporkan hasil studi wisatanya dalam bentuk karya tulis ilmiah. Dan dikumpulkan setelah mereka masuk sekolah nanti. Dengan tugas ini diharapkan segala pengalaman yang mereka dapatkan sepanjang perjalanan akan tetap mereka ingat, dibuktikan dengan adanya karya tulis ilmiah tadi.
“Secara umum pelaksanaan studi wisata tahun ini, baik yang ke luar negeri mapun pulau Jawa semua berjalan lancar, sesuai dengan jadwal yang direncanakan,” ujar Suyadi menutup pembicaraan.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 12 Januari 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: