RSS

Acuan Ujian Nasional 2012

09 Apr

Standar nilai kelulusan UN tahun 2012 bagi siswa SMA dan SMP sederajat, tidak mengalami perubahan seperti tahun sebelumnya yakni tetap 5,5. Masih sama seperti tahun sebelumnya, yakni peserta didik harus mengantongi nilai 5,5 baru bisa lulus UN dengan bobot pembagi juga tetap 40 : 60, yakni 40 persen dari akumulasi rata-rata nilai US dan 60 persen dari nilai UN. Pelaksanaan UN tetap merupakan sebagai bahan evaluasi dan pengontrol bagi pemerintah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan secara nasional. Karena itu, ukuran kualitas, akseptabilitas dan kredibilitas sangat diperlukan, karena ukuran hasil UN akan ditelaah melalui evaluasi untuk mengetahui dan memahami pemetaan pendidikan di Indonesia, guna meningkatkan kualitas sekolah dan mutu lulusan para peserta didik.

Berdasarkan petunjuk dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud), pelaksanaan UN untuk tingkat SMA, MA, dan SMK Tahun Pelajaran 2011/2012 akan dilaksanakan pada 16-19 April 2012 dan UN susulan pada 23-26 April. Untuk jenjang SMP/MTs dan SMPLB, UN akan dilaksanakan pada 23-26 April 2012 dan UN susulan pada 30- 4 Mei 2012.

Sedangkan untuk jenjang SD/MI/SDLB UN akan digelar pada 7-9 Mei 2012 dan UN susulan pada 14-16 Mei 2012. Pelaksanaan UN kali ini tidak ada ujian ulang tetapi yang ada ujian susulan bagi siswa yang tidak bisa mengikuti ujian karena sakit atau alasan lain yang pelaksanaannya seminggu setelah ujian nasional.

Pengumuman hasil UN tingkat SMA/MA dan SMK pada 24 Mei 2012, tingkat SMP/MTs, SMPLB, dan SMALB pada 2 Juni 2012. Sedangkan untuk pengumuman kelulusan UN tingkat SD menjadi kewenangan setiap provinsi. Meskipun demikian, peserta UN dinyatakan lulus apabila setiap siswa harus memenuhi beberapa persyaratan, di antaranya lulus UN dan harus menyelesaikan program pengajaran sesuai tingkatnya, untuk SMP dan SMA sederajat selama tiga tahun, sedangkan SD sederajat selama enam tahun.

“Sukses … Oke…!
Jujur…. Ya…!

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 9 April 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: