RSS

Hardiknas

13 Mei

Hari Pendidikan Nasional di peringati setiap tanggal 2 Mei merupakan hari tanggal lahir Bapak Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara, karena begitu besar perjuangan Ki Hadjar Dewantara terhadap dunia Pendidikan di Indonesia maka tanggal 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS), karena itu setiap tanggal 2 Mei diadakan upacara bendera untuk memperingati HARDIKNAS tersebut.
Meskipun Ki Hadjar Dewantara sudah meninggal namun semboyan beliau masih di ingat sampai sekarang, “Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani” yang artinya “di depan (guru) memberi contoh, di tengah (guru) memberi memberi semangat, di belakang (guru) memberi dorongan. Itulah tiga semboyan beliau yang memberi semangat pada segenap jiwa Bangsa Indonesia dalam memajukan dunia pendidikan di Indonesia.”
Ki Hadjar Dewantara merupakan orang yang pertama kali mendirikan sebuah perguruan yang bercorak nasional bernama Nationaal Onderwijs Instituut Tamansiswa (Perguruan Nasional Tamansiswa) pada 3 Juli 1922. Dari sinilah lahir konsep pendidikan nasional, karena pengalamanya di bidang Pendidikan pula Ki Hadjar Dewantara pun diangkat menjadi Menteri Pendidikan pada era kemerdekaan Indonesia.
Ki Hajar Dewantoro pernah berkata bahwa pendidikan adalah daya upaya untuk memajukan budi pekerti kekuatan batin, karakter, pikiran intellect dan jasmani anak didik. Karena itu untuk memajukan suatu bangsa tidak bisa terlepas dari pendidikan. Pendidikan adalah cerminan bagus tidaknya suatu bangsa.
Semoga dengan Peringatan Hari Pendidkan Nasional kali ini, bisa kita jadikan sebuah renungan bahwa pendidikan itu adalah pilar kemajuan bangsa. Semoga dengan memperingati Hardiknas, kita dapat memaknainya sebagai usaha bangsa Indonesia umumnya dan Jambi pada khususnya, dalam melakukan yang terbaik untuk pendidikan nasional. Pendidikan itu seharusnya tidak dibatasi oleh biaya atau uang. (foto bersama lisa Putri Prameswari)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 13 Mei 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: