RSS

Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional XI Bontang Kaltim

12 Jul

Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional XI Bontang Kaltim
Perhelatan Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) XI di Kota Bontang Kalimantan Timur yang diselenggarakan dari tanggal 24 Juni hingga 1 Juli 2012 lalu, bersama timnya dari provinsi lain, Purqan, siswa SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti (SMAN TITHAS) Jambi berhasil menjadi peneliti remaja terbaik I tingkat nasional tahun 2012 pada bidang IPS dengan judul penelitian “Pengaruh Suku Lain Terhadap Eksistensi Budaya Bebalai di Kelurahan Bontang Kuala,” mampu mengungguli tim-tim lainya.
Pekan penelitian ilmiah yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini dibagi menjadi tiga bidang secara berkelompok dari seluruh provinsi di Indonesia yaitu IPA, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPT) dan IPS, diikuti 600 siswa SMA dan SMP seluruh Indonesia bersama guru pembimbing.
Sebelum terjun ke lapangan, para staf ahli peneliti LIPI memberikan materi tentang metodelogi penelitian kepada seluruh peserta. Selanjutnya diarahkan ke lapangan untuk pengambilan data sesuai bidang masing-masing. Data yang sudah dihimpun diolah melalui diskusi kelompok, ditulis dalam bentuk karya tulis ilmiah dan power point, langsung dipresentasikan di hadapan dewan juri, lengkap dengan alat peraga.
Walau pada dasarnya kegiatan ini bukan ajang kompetesi, tapi pihak LIPI tetap memberikan penilain dan penghargaan kepada tim terbaik. Alhamdulillah peserta didik kita bernama Purqan (XII IPS) bersama kelompoknya, mampu menyandang peneliti remaja terbaik I tingkat nasioanal bidang IPS di level PIRN XI 2012 Kota Bontang Kaltim. Kerja keras selama 8 hari di negeri khatulistiwa ternyata membuahkan hasil.
SMAN TITHAS mengirim 8 siswa yaitu Candra Andika (IPS), Fajar Budi Setiawan (IPA), Lisa Putri Prameswari (IPA), Dayu Audia Fijri (IPT), Dwi Retno Sari (IPA), Andi Jafrianto (IPS), Pandu Laryan (IPS), Purqan (IPS) dan Salwinsah, SAg sebagai guru pembimbing.
Sebelumnya SMAN TITHAS juga mengirimkan peserta pada PIRN ini, di antaranya PIRN VIII di Jogyakarta 2009, PIRN IX di Kepulauan Bangka Belitung 2010, PIRN X di Jombang Jatim tahun 2011, dan Insya Allah PIRN XII di Boyolali 2013 nanti kita kembali berpartisipasi pada ajang ini.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 12 Juli 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: