RSS

SMAN TT Raih Juara I Nasional OPSI 2012

31 Okt

SMAN TT Raih Juara I Nasional OPSI 2012

ADALAH Nuri Kurniawan (XII IPA) peserta didik SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti (SMAN TT) yang berhasil meraih mendali emas pada ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) yang diselenggarakan di Jakarta, tanggal 7 hingga 13 Oktober 2012.
Salah seorang guru pembimbing yang mendampingi Nuri ke Jakarta, Eka Aditya Kusuma, S. Pd menjelaskan, “OPSI salah satu ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemendikbud) setiap tahun. OPSI merupakan wadah bagi para peneliti muda Indonesia untuk terus berkarya dan berinovasi. Selain itu membentuk karakter siswa yang jujur dalam melakukan suatu penelitian. Hal ini sangat sesuai dengan tema OPSI tahun ini yaitu Membentuk Siswa yang Inovatif dan Berkarakter.”
Nuri Kurniawan, satu-satunya siswa utusan Provinsi Jambi yang dikirim ke Jakarta, siswa SMAN TT merupakan salah seorang finalis yang lolos ke tahap pameran, yang sebelumnya telah melalui tahap pengiriman makalah karya ilmiah, ujar Eka melanjutkan. Jumlah karya tulis yang diterima panitia mencapai 800-an dari seluruh pelosok Indonesia dan karya yang terpilih untuk dilombakan ke tahap selanjutnya berjumlah 87 naskah terdiri dari Sains Dasar 25, Sains Terapan 32 dan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Humaniora 30 peserta.
“Nuri berhasil melewati tahapan makalah, pameran dan presentasi dengan hasil puncak membawa mendali emas ke sekolahnya dan tentunya untuk Provinsi Jambi,” tuturnya.
Ketika ditanya apa kiat sehingga meraih sukses yang begitu gemilang, Eka menjelaskan, “Menelitilah dengan kejujuran, apapun hasil yang ada dalam penelitian tersebut tetap harus dijelaskan dengan apa adanya. Kemudian berusahalan untuk menemukan hal-hal baru yang masih ada kesenjangan antara kenyataan dan harapan karena sesungguhnya itulah pokok masalah yang akan di bahas dalam suatu penelitian.”
Sementara Nuri merasa bahagia dan bersyukur telah memiliki kesempatan meraih mendali emas sekaligus mengharumkan nama Provinsi Jambi dengan mengangkat famor Budaya Jambi di Tingkat Nasioanal. Usaha yang dilakukan dengan gigih dan kerja sama dari berbagai pihak akhirnya berbuah hasil yang sangat memuaskan.
Dari kegiatan ini Nuri mengaku banyak hikmah yang telah didapat untuk mencapai suatu kesuksesan, seperti perlunya tekad yang bulat, keyakinan yang tinggi, jujur, sabar, bantuan orang lain, dan yang terpenting jangan sampai patah semangat dan tentunya diiringi dengan do’a. Jika itu sudah kita jiwai, Insya Allah keberhasilan selalu menyertai kita, lanjutnya.
Ia juga berpesan keapa pihak sekolah agar disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Pendidikan, perlu adanya pemebinaan para peneliti muda khususnya pelajar di tingkat Provinsi Jambi. harapannya agar generasi muda Jambi senantiasa mampu berkompetesi dikancah penelitian ilmiah, yang ia rasakan, kegemaran generasi muda pada bidang ini sangat kurang.
Kepada adik-adik kelasnya Nuri berharap banyak kira selalu mampu berkarya dan berbuat yang lebih baik karena kesempatan untuk meraih suskses selalu ada di depan mata.

Atas keberhasilan ini Nuri mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantunya dari berbagai bidang, terutama kepada kedua orangtua, kepala sekolah, para wakil kepala sekolah, pembina Karya Ilmiah Remaja (KIR) SMAN TT, Ibu Nirma Erika, Ibu Eka Aditya Kusuma, Ibu Wahyuni dan Pak Burhani yang membantu dalam pengumpulan data, Pak Sukatno dan Pak Salwinsah yang selalu memotivasi secara spritual, bapak-ibu guru, rekan-rekan siswa dan semua pihak yang tidak bisa disebutkan di sini, ujarnya.
Judul OPSI yang diangkat oleh Nuri Kurniawan adalah “Peningkatan Eksistensi Aksara Incung di daerah Kerinci dan Sunagi penuh” Initinya penelitian ini mengungkap sejarah, bentuk dan kondisi aksara “Incung” di kalangan pelajar Kerinci dan Sungai Penuh serta upaya pelestarian budaya dan tradisi yang ada di daerah Jambi.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 31 Oktober 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: