RSS

Dua Emas Dunia Untuk SMAN Titian Teras

10 Jun

Dua Emas Dunia Untuk SMAN Titian Teras

abahkuBERITA membanggakan dari siswa SMA Negeri Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi kembali menggema. Setelah berhasil meraih mendali emas internasional di ajang International Science Project Olympiad (ISPrO), kali ini mendali emas European Exhibition Of Creativity Innovation di Rumania dan mendali emas internasional di konpetisi International Young Inventors Award pun mampu disandingkan.
Siswa piawai meneliti itu adalah Muhammad Irsyad (XI IPA) dan Muhammad Ghaniswara Afif Kharisma (XI IPA) siswa SMAN Titian Teras Jambi.
Salwinsah S.Ag guru SMAN Titian Teras saat menjemput kedatangan siswanya di bandara Sultan Thaha Jambi Jum’at (6/6) mengatakan sangat bangga atas prestasi gemilang yang telah mengharumkan nama sekolah, Provinsi Jambi bahkan Indonesia. “Syukur alhamdulillah, siswa Afif (sapaan Muhammad Ghaniswara Afif Kharisma, red) dan Irsyad (sapaan Muhammad Irsyad, red) kembali meraih dua mendali emas internasional di ajang European Exhibition Of Creativity Innovation di Rumania dan mendali emas internasional di konpetisi International Young Inventors Award di Jakarta. Prestasi ini sebagai bukti bahwa anak-anak Jambi juga mampu berkiprah di dunia internasional, asal dibimbing secara serius dan berkesinambungan,” ujarnya.
Salwinsah melanjutkan bahwa banyak sekali objek penelitian yang ada di Provinsi Jambi. Tahun 2012 lalu siswa SMAN Titian Teras juga meraih mendali emas Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) dengan tema penelitian Aksara Incung yang ada di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh. Mendali Emas ISPrO 2013 objek penelitiannya pada Arsitektur Sarang Burung Manyar di Muara Sabak Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Kali ini penelitian siswa kita pada air, yang diproses ternyata bisa menjadi energi bahan bakar. Sekilas penelitian mereka sederhana, namun di balik kesederhanaan itu ada nilai ilmiah yang bisa menjadi temuan baru dan jika dikembangkan akan menjadi ilmu pengetahuan. Semoga dengan raihan gemilang ini memotivasi siswa yang lain bukan saja SMAN Titian Teras, tapi juga anaka-anak Jambi lainnya untuk selalu mencoba meneliti, sehingga mampu mengukir prestasi, tandas Salwin.
Afif dan Irsyad saat tiba di bandara Sultan Thaha Jambi juga menceritakan bahwa mereka mengikuti euroinvent European Exhibition Of Creativity Innovation di Rumania yang diselenggarakan oleh organisasi Romanian Inventors Forum, Europe Direct Lasi, WIIPA, diikuti 33 negara. “Penghargaan yang kami raih adalah medali emas (gold medal) dan special prize dari Lucia Blaga Universitas Sibiu Rumania. Acara ini dilaksanakan di Pallas Mall Rumania, Lasi tangal 22-24 Mei 2014. Penelitian kami berjudul Generator Oxihid, generator yang berfungsi mengubah air menjadi hydrogen dan hho dengan cara memisahkannya melalui proses elktrolisis, dimana air diberi listrik dan dipisahkan hydrogen dan hho nya. Hydrogen sendiri dapat diolah menjadi bahan bakar dan gas,” cerita Afif.
Sementara Irsyad menjelaskan pada tanggal 3-5 Juni lalu mereka juga mengikuti International Young Inventors Award yang diadakan oleh Inotek dan Association Young Inventor and Scientist Indonesia (AYISI) bertempat di hotel Bidakara Jakarta dan diikuti 18 negara dengan 70 stand (judul). “Kami membawa produk yang telah menang di Rumania, yang sudah kami perbaharui secara lebih detail lagi. Dari kompetisi ini kami mendapat gold medal dan special award dari Eyrec Malaysia. Alahmdulilah kami sangat bersyukur atas apa yang kami raih saat ini. Semoga kedepannya temuan kami ini bisa dipatenkan dan dapat dimanafaatkan kususnya masyarakat di Jambi bahkan Indonesia. Prinsip kami berdua adalah, bukan seberapa besar mimpi kita, tapi seberapa besar kita untuk mimpi itu,” tegas Irsyad penuh makna filosofi.
Atas prestasi ini Afif dan Irsyad berterima kasih kepada pemerintah Provinsi Jambi, kepala sekolah, semua guru, terutama guru pembimbing dan lebih khusus kepada Bapak Dede Martino pembimbing dari Universitas Jambi. “Selagi ada rasa penasaran di hati kami, kami akan tetap meneliti,” pungkasnya.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 10 Juni 2014 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: