RSS

Enam Siswa SMAN TT Siap Ke Nasional

23 Mei

6 siswa sma tt berprestasi

6 siswa sma tt berprestasi

SMA Negeri Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi kembali memperpanjang deret prestasi. Setelah tiga siswanya berhasil meraih mendali emas internasional di Thailand, sekolah ini juga siap menghantarkan 6 peserta didik lainnya ke tingkat nasional. Dua orang di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015 di Yogyakarta, tiga orang (tim) debat Bahasa Indonesia 2015 di Ambon dan satu orang lagi pada National School Debating Championship 2015.
Kepala SMAN Titian Teras H. Haryanto Miftah, SPd, MPd menjelaskan tiga siswa peraih mendali emas pada event ‘Thailand Inventors Day 2015’ adalah Vandyka Richie Rivandyo, M. Fadlan Hidayat dan M. Haris Arta Wardhana (ketiganya kelas XI IPA) yang diselenggarakan di Bangkok beberapa waktu yang lalu. Inovasi yang mereka temukan adalah “Smart Home Dryer” sebuah alat pengering pakaian bervolume besar, daya listrik yang minim dan mampu menghemat biaya hingga 50 persen dari dryer pada umumnya. Bersaing di 25 negara mereka mampu meraih “Gold Prize,” ujar Haryanto kemarin.
Sebelumnya tiga siswa yang piawai bidang penelitian ilmiah ini juga berhasil meraih “Gold Medal” dan “Special Award” pada event CIGIF (Cyber Internasional Genius Ivention Fair) pada tanggal 22 November 2014 lalu di Korea yang diikuti 31 negara, imbuh Haryanto.
Haryanto menambahkan dalam waktu dekat, ada enam siswa yang akan diberangkatkan lomba di tingkat nasional. Dua orang di ajang OSN, yaitu Muhammad Hasan (XI IPA-1) bidang Fisika dan Lulu Intan Fatmawati (X MIA-1) bidang Astronomi. Pelaksanaan akan dilaksanakan di Yogyakarta pada tanggal 18-23 Mei 2015.
Berikutnya tim debat Bahasa Indonesia yaitu Munawir Muluk (XI IPA-2), Haykal Estu Bismoro (X MIA-5) dan Nadya Guntama (X MIA-2) pada bulan Juni 2015 akan mengikuti lomba debat Bahasa Indonesia tingkat nasional di Ambon. Tim ini maju ke nasional setelah berhasil meraih peringkat pertama di provinsi Jambi yang diselenggarakan tanggal 28 April hingga 1 Mei 2015 lalu, oleh Lembaga Bahasa Provinsi Jambi. Sementara Ilham (XI IPA-4) akan mengikuti debat Bahasa Inggris (National School Debating Championship) 2015, tandas Haryanto.
Guru pembina debat Bahasa Indonesia, Winda Astuti, SPd menjelaskan bahwa keberhasilan siswanya tidak terlepas dari kerja keras dan latihan intensif. Tim debat diharuskan selalu menambah wawasan dengan banyak membaca dan mencari informasi tentang kebahasaan dan isu-isu terhangat. Karena tema yang akan dilombakan adalah isu-isu terkini, ceritanya kemarin.
Tentang persiapan lomba di tingkat nasional guru mata pelajaran Bahasa Indonesia ini berujar bahwa timnya akan berlatih secara intensif mulai tanggal 5 Mei 2015 nanti, mulai teknik berdebat, memperdalam materi, penguasaan panggung dan mental bertanding. Yang terpenting ditekankan kepada siswa harus selalu banyak membaca tentang isu-isu terhangat, cerita Winda menyudahi.
Sementara Muhammad Hasan yang akan berkompetisi pada OSN bidang Fisika dan Lulu Intan Fatmawati bidang Fisika menyatakan telah menguasai materi lomba. Tinggal pemantapan dan pendalaman materi melalui latihan soal. Selain itu juga memperbanyak praktek. “Kami telah siap berkompetisi pada tanggal 18-23 Mei 2015 di Yogyakarta nanti. Dan akan menampilkan yang terbaik, dan siap menghasilkan yang terbaik pula,” ujar mereka optimis sembari mohon doa dari seluruh warga provinsi Jambi. (win)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 23 Mei 2015 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: