RSS

Maaf

18 Jul

memaafkanORANG yang melaksanakan ibadah puasa Ramadan dengan benar maka dosanya akan dihapuskan. Dari Abi Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang menegakkan Ramadan dengan iman dan ihtisab, maka Allah mengampuni dosanya yang telah lalu.” (HR Bukhari dan Muslim). Dalam beberapa hadits juga dikatakan: “…bersih atau suci bagaikan bayi yang baru dilahirkan”. Dengan kasih sayang-Nya, Allah mengampuni semua dosa hamba-Nya pada-Nya. Yang tersisa tinggallah dosa sesama manusia. Untuk menghapus dosa ini tidak cukup dengan memohon ampun kepada Allah SWT. Allah memerintahkan untuk meminta maaf dan memberi maaf kepada sesama manusia. Karena dalam menjalani hidup, manusia tentu sering menuruti hawa nafsu dan menyakiti orang lain demi mencapai ambisi-ambisi duniawi.
Banyak ayat dan hadits yang memerintahkan manusia untuk saling memaafkan. Saling memaafkan inipun merupakan salah satu ciri orang-orang yang bertakwa sebagaimana juga yang dicita-citakan oleh puasa Ramadan. Allah SWT berfirman, “Dan memberi maaf itu lebih dekat kepada takwa.” (QS. Al-Baqarah: 237). Ayat yang lain Allah SWT berfirman, “Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. Yaitu orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema’afkan (kesalahan) orang lain. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. (QS. Ali Imran: 133-134).
Idul Fitri menjadi momen yang tepat untuk saling memaafkan. Rasulullah SAW mengajarkan untuk saling memaafkan sesegera mungkin setelah kita berbuat kesalahan. Tetapi terkadang hati dan mental kita belum siap untuk melakukannya. Meminta maaf dan memaafkan bukanlah perkara mudah. Oleh sebab itu, setelah menjalani pelatihan mengendalikan nafsu selama sebulan penuh, umat muslim diharapkan memiliki mental yang kuat untuk saling memaafkan di hari raya Idul Fitri ini. Wallahu a’lam.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 18 Juli 2015 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: