RSS

Siswa SMAN TT Ikuti Jambore Internasional Di Jepang

24 Agu

abdi smattKembali siswa SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi membuktikan kemampuan di tingkat internasional. Kali ini di ajang World Scout Jamboree (Jambore Pramuka Internasional) ke-23 di Kirarahama Yamaguchi Jepang 2015, beberapa waktu lalu.
Ia adalah Abdi Pratama Darhani siswa SMAN Titian Teras kelas X MIA3. Ketika dijambangi di sekolahnya kemarin, Abdi, begitu ia selalu disapa menjelaskan kepada harian ini bahwa pada bulan Maret 2015 lalu saat masih SMP, Abdi ikut seleksi Jambore Pramuka Internasional tingkat Kota Jambi. Diantaranya tes bahasa Inggris, kepramukaan, karakter dan lain-lain. Ia dinyatakan lulus bersama tiga orang lainnya dari Kota Jambi. Di bulan yang sama kembali melaksanakan tes tingkat provinsi Jambi yang diikuti seluruh perwakilan kabupaten dan kota yang ada dalam provinsi Jambi. Dari masing-masing daerah paling sedikit dua peserta. Materi tes lebih ketat lagi, selain bidang yang diuji di tingkat Kota Jambi ditambah bidang buadaya Jambi, buadaya Jepang dan pengetahuan umum.
Akhirnya, lanjut Abdi, terjaringlah 9 peserta (5 putra dan 4 putri) dari provinsi Jambi untuk mengikuti World Scout Jamboree (Jambore Pramuka Internasional) ke-23 di Kirarahama Yamaguchi Jepang 2015.
Putra pasangan Hamdani S.Pt dan Darni S.Pd juga menjelaskan bahwa sebelum ke Jepang seluruh peserta dari Indonesia dibekali pemdalaman materi, seperti bidang kepramukaan, bahasa Inggris, ciri khas asli daerah Indonesia, budaya Jepang dan lain-lain, selama dua hari di Bogor dari tangglal 23-25 Juli 2015.
“Kami berangkat ke Jepang pada tanggal 25 juli pukul 23.00 WIB dan sampai di Osaka Jepang sekitar pada jam 06.00 WIB, jarak tempuh sekitar 7 jam. Kami menginap di Grande Hotel dan selama 2 hari, kegiatannya waktu itu bebas. Saat di Osaka belum berkumpul seluruh dunia masih peserta dari Indonesia saja. Keliling-keliling kota Osaka , dan pada tanggal 28 juli kami pergi ke bumi perkemahan Kirarahama, Yamaguchi, sekitar 8 jam perjalanan dari Osaka menggunakan bis.
Partisipan pada World Scout Jamboree (Jambore Pramuka Internasional) ke-23 di Kirarahama Yamaguchi Jepang 2015 ini diikuti negara 147 negara selama 2 pekan. Kegiatannya diantaranya culture structer global development village, peace, science, dan lain-lain. Jambore adalah pesta penggalang, jadi disana adanya pertemuan antar penggalang, bertukar pikiran dengan menggunakan bahasa asing seperti Inggris, imbuh Abdi.
Abdi merasa bangga karena ternyata kepramukaan Indonesia tidak kalah dari negara luar, materi kepramukaan kita lebih mendalam dibanding mereka. Kalau yang luar negeri hanya menambah wawasan bukan untuk lapangan atau untuk survive. Demikian praktek lapanganan, Indonesia selalu lebih unggul. Dari segi pakaian, kawasan Asia menggunakan seragam, cuman yang luar asia hanya menggunakan bajunya saja yang seragam dan scrafnya, dan celananya bebas, dan kadang-kadang baju bebas dan celana bebas, ujar Abdi lagi.
Kesan saya, ujar Abdi, “Selama di Jepang sangat menarik dan seru, asyik bisa menambah wawasan, serta bangga karena membawa nama bangsa Indonesia, mengharumkan nama SMAN Titian Teras, keluarga dan provinsi Jambi. Semoga pramuka Indonesia, khusunya SMAN Titian Teras lebih maju dan orang tidak memandang pramuka itu sebelah mata,” pungkas Abdi.
Pelaksana Tugas Kepala SMAN Titian Teras Drs. Teguh saat diminta tanggapan, merasa bangga karena siswanya telah membawa harum nama sekolah, provinsi Jambi dan Indonesia. Kegiatan jambore seperti World Scout Jamboree di Kirarahama Yamaguchi Jepang 2015 ini, adalah gerakan Pramuka. Sementara kegiatan yang dilakukan di sekolah adalah pendidikan Pramuka. SMAN Titian Teras sangat peduli dengan kegiatan Pramuka. Sehingga kami mewajibkan seluruh peserta didik untuk mengikuti kegiatan Pramuka sebagai ekstra kurikuler, tandas Teguh.
Kegiatan Pramuka merupakan suatu wilayah pembinaan, pendidikan bagi generasi muda penerus bangsa untuk menuju pembentuakan tenaga kader-kader pembangunan yang memiliki jiwa Pancasial yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta sanggup dalam menyelenggarakan pembangunan masyarakat bangsa dan negara. Segala upaya yang dilakukan dalam gerakan Pramuka mencerminkan janji-janji yang terkandung dalam Trisatya dan Dasadarma, dan itu sangat perlu dibekali kepada peserta didik sebagai kader pemimpin masa depan, lanjut Teguh.
Pramuka SMAN Titian Teras juga aktif mengikuti even-even baik tingkat provinsi, nasional dan internasional. Seperti pada perkemahan Sandi Yudha di Bumi Perkemahan Danau Pandu Sriwijaya Sumsel baru-baru ini Pramuka SMAN Titian Teras selalu meraih juara umum, ujar Teguh bangga

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 24 Agustus 2015 in Uncategorized

 

2 responses to “Siswa SMAN TT Ikuti Jambore Internasional Di Jepang

  1. lisanabilasyafira

    26 Agustus 2015 at 12:07 am

    SMAN TT selalu buat harum nama Provinsi Jambi

     
    • salwintt

      26 Agustus 2015 at 12:15 am

      ameeen

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: