RSS

Wisata Sederhana Di Akhir Tahun

03 Jan

tur1SEKEDAR melepas penat menghadapi pekerjaan yang super padat di SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi, si isteri di SD Negeri 90 Sungai Landai Kecamatan Mestong Muaro Jambi, aktivitas studi bagi anak-anak di Universitas Sriwijaya Sumsel dan SD Islam Al Falah Jambi, kami sekeluarga mengadakan perjalanan singkat dan sederhana, katakanlah wisata keluarga. Hanya lingkup pulau sumatera, provinsi jiran, Sumatera Selatan, Lampung dan Sumatera Barat. Walau rekreasi tanpa direncanakan secara matang itu alhamdulillah berjalan lancar dan aman.
tur2Obyek wisata yang kami kunjungi di Lampung di antaranya Pantai Selaki Tarahan Lampung Selatan dengan mengitari Kota Bandar Lampung dan sekitarnya. Kiri kanan jalan terhampar sawah bagai permadani hijau dan menguning. Dihiasai pemandangan gunung dan bukit menjulang tinggi, berselimut kabut pagi, putih bagaikan kapas.
Daerah Sumatera Barat pandangan luas tak berbatas melihat laut dengan deru ombak memecahkan diri di Pantai Gandoriah Kota Pariaman, indah sekali. Tak kalah menawannya di Taman Panorama dan Lubang Jepang, Kota Bukit Tinggi. Para pengunjung bisa bermain dengan monyet-monyet yang jinak dan tidak malu meminta makanan kepada tamu, tanpa pandang bulu dari mana berasal. Belum lagi saat masuk Lubang Jepang yang memiliki nilai sejarah perjuangan para pahlawan demi negeri tercinta, memakmurkan generasi selanjutnya.

lisa3

Lisa NSy

Malamnya kerumunan masyarakat terkosentrasi di sekitar Jam Gadang, karena tinggal menghitung jam akan terjadi pergantian tahun 2015 ke 2016. Kami pun menikmati sate khas Padang waktu itu. “Sedap banaa…”
Selanjutnya kami menikmati keindahan panorama Danau Singkarak. Sungguh merupakan keajaiban alam semesta sebagai bukti kebesaran Ilahi. Danau yang luas terhampar pada deret-deret gunung dan bukit nan hijau. Subur, tentram dan damai, sedamai penduduk yang berdomusili di sekelilingnya.
tur3Merasa letih diperjalanan nan panjang kami pun menyempatkan mandi dan bermain di Waterboom Payakumbuh, terletak di lerereng gunung menjulang tinggi. Airnya sejuk terjun dari mata air asli dari alam yang masih perawan dari ketinggian nun jauh di sana. Sungguh sepanjang jalan yang kami lewati senantiasa terlihat keindahan alam yang penuh keindahan, negeri yang elok permai. Gunung dan bukit yang terjal, lembah nan jurang, liuk-liuk jalan penuh tantangan, menantang adrenalin, sekaligus melahirkan kepuasan batin, medan yang sulit bisa dilewati dengan selamat.
Sebelumnya kami pun singgah di obyek wisata kolam ikan, nagari setempat menyebutnya dengan Kolam Ikan Sakti di Kabupaten Agam. Ikan sakti dari yang kecil hingga sebesar paha anak-anak bahkan lebih besar lagi, selalu timbul ke permukaan air yang jernih, seakan memperkenalkan diri kepada para pengunjung. Walau sesungguhnya mereka berebut makanan yang ditabur para pengunjung, dijual anak-anak nagari mencari tambahan jajan di hari libur.
Sungguh lengkap keindahan alam ciptaan Tuhan. Tidak perlu jauh berwisata ke negeri orang, di daerah sekitar kita juga menjanjikan panorama alam yang sangat mempesona, semacam Kerinci, ‘sepegal tanah dari surgtur4a’ kalau tidak mau ke provinsi jiran seperti yang kami kunjungi.
Intinya bukan untuk poya-poya, pemborosan, tetapi hanya sekedar melepas kejenuhan kerja, studi bagi anak-anak sembari meneguhkan hati bahwa Sang Pencipta alam semesta, menciptakan alam lengkap dengan segala isinya diperuntukkan demi kemakmuran hamba-hamba-Nya. Bagi yang mau merenungkannya.
Libur berakhir, kerja dan seabrek aktivitas pun menanti. Siap kerja dan beraktivitas kembali? Ya, Insya allah, siaplah…!

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 3 Januari 2016 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: