RSS

Jangkat, Serpihan Tanah Dari Surga

20 Mei

xpdc2MENGIKUTI tapak perjalanan sebuah ekspedisi di negeri elok, alam Jangkat Kabupaten Merangin Jambi tentu tidak ada salahnya. Walau jarak tempuh cukup melelahkan, dengan liku perjalanan penuh tantangan, tikungan tajam, lereng terjal, longsor mengintai, jurang nan dalam pun siap menjemput. Wow…! Demi satu tujuan, satu pencapaian, semua itu diabaikan, dipendam dalam-dalam, hanya do’a selalu bergumam, semoga selamat diperjalanan.
Sedikit orang mengenal Jangkat, sebagai tempat bertenggernya panorama alam indah permai, menyimpan kekayaan sejarah dan kekentalan adat budaya yang melekat pada penduduknya. Dengan cuaca teramat sejuk, tersentuh air bening perbukitan, dingin pun menyusup hingga ke sum-sum tulang belakang.
xpdcAkan kekayaan sejarah, budaya dan pesona keindahan alam inilah, akhirnya peserta didik SMAN Titian Teras Jambi memilihnya sebagai obyek observasi (studi lapangan), 6-9 Mei 2016. Studi lapangan ini merupakan program tahunan sekolah dalam upaya mengimplementasikan proses pembelajaran lapangan terhadap peserta didik. Tujuannya adalah untuk memberi pengalaman kepada siswa untuk mengenal daerah mereka secara langsung, terutama Kecamatan Jangkat dan sekitarnya, meliputi bidang agama, sosial, budaya, ekonomi, bahasa, sejarah, geografi, adat istiadat dan sebagainya. Sambil menikmati indahnya alam, siswa akan memetik banyak ilmu dan pengalaman yang sangat berharga.
xpdc1Siswa yang selama ini ‘merem’ dengan daerah mereka sendiri, dengan dibawa ke lapanagn melakukan observasi dan menulis dengan tangan sendiri hasil penelitiannya, tentu akan berbekas sampai kapanpun. Belum lagi jika karya mereka di pajang di perpustakaan, akan dibaca oleh peserta didik lainnya dan mereka juga akan mengetahui hasil observasi yang dilakukan, tentu akan menambah khasanah daerah sendiri. Berikut akan terpacu untuk melakukan hal yang sama dalam bidang berbeda. Karena peserta didik hari ini, telah jenuh duduk di dalam kelas, bosan mendengar ceramah gurunya, mereka rindu dengan metode pembelajaran dari mereka, oleh mereka dan untuk mereka.
Sungguh pembekalan pengalaman yang penuh memori. Kepuasan batin dengan panorama menyejukan jiwa. Bergelut dengan cuaca teramat dingin, memuaskan pandangan pada hamparan permadani menyelimuti perbukitan nan damai, sedamai bukit-bukit yang berlindung di sekelilingnya, sedamai suburnya tanaman yang bernaung di hamparan bukit-bukit menawan.
Kecamatan Jangkat, Merangin benar-benar menyimpan segudang misteri alam, sejarah dan budaya peninggalan nenek moyang, menanti kajian generasi muda, yang tidak akan habis oleh perputaran zaman, karena ia adalah “Serpihan Tanah Dari Surga.”

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 20 Mei 2016 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: