RSS

Marhaban Ya Ramadhan

04 Jun

abah salwinSenin 6 Juni 2016 insya Allah kita memasuki bulan Ramadhan 1437 H, bulan yang penuh berkah, rahmah (kasih sayang), maghfirah (ampunan) dan menerima vonis bebas penjara, siksa neraka, dari meja hijau pengadilan Allah SWT.
Mari kita sambut kedatangan Ramadhan ini dengan rasa suka cita, sarat kegembiraan, seraya berupaya meningkatkan amal shaleh. Ini adalah waktu yang teramat tepat untuk meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Mulai sekarang marilah kita semakin mendekatkan diri kepada-Nya, giat beribadah dan berupaya seoptimal mungkin untuk meninggalkan larangan-larangan Allah Azza Wajalla, berupa maksiat dan kezaliman-kezaliman duniawi yang sangat memikat, namun mengandung racun mematikan.
Idealnya, menyambut Ramadhan adalah sebuah kenikmatan tersendiri, jika kita sebagai muslim, menyambutnya dengan proporsional. Dalam suka cita, kita mempersiapkan diri sebaik-baiknya sehingga bisa beramal di bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya pula.
Pada kesempatan ini ada empat persiapan yang perlu kita perlukan dalam menyambut bulan Ramadhan ini.
Pertama, persiapan ruhiyah. Persiapan ruhiyah yang kita perlukan adalah dengan cara membersihkan hati dari penyakit aqidah sehingga melahirkan niat yang ikhlas. Sungguh sangat rugi, jika kita susah payah beramal, namun masih ada kesyirikan yang bersemayam dalam diri kita. Tak peduli sebesar apapun amal, jika kita syirik, menyekutukan Allah, maka amal-amal kita tidak akan diterima.
Kedua persiapan fikriyah. Agar Ramadhan benar-benar efektif, kita perlu membekali diri dengan persiapan fikriyah. Sebelum Ramadhan tiba sebaiknya kita telah membekali diri dengan ilmu agama terutama yang terkait secara langsung dengan puasa Ramadhan. Apa saja rukun dan syarat syah puasa Ramadhan, apa saja yang harus kita lakukan demi mendukung kualitas puasa, apa yang membatalkannya, dan apa-apa saja yang bisa merusak puasa itu, hingga bisa tidak meraih apa-apa selain lapar dan haus.
Ketiga adalah persiapan jasadiyah. Ramadhan membutuhkan persiapan jasadiyah yang baik. Tanpa persiapan memadai ibadah kita tidak bisa berjalan normal. Karena Ramadhan menciptakan siklus keseharian yang berbeda dari bulan-bulan lainnya. Kita diharapkan tetap produktif dengan pekerjaan dan aktivitas masing-masing meskipun dalam kondisi berpuasa. Karena itu kita perlu mempersiapkan jasadiyah, menjaga kesehatan badan agar selalu fit dan bugar, serta kebersihan lingkungan sekitar.
Keempat persiapan maliyah, persiapan harta. Persiapan maliyah yang diperlukan dalam menyambut bulan Ramadhan adalah untuk memperbanyak wakaf, infaq, shadaqah, memberi buka puasa orang lain. Pahala shadaqah dan amaliyah-amaliyah lainnya yang dilakukan pada bulan Ramadhan pahalanya akan berlipat ganda.
Marhaban ya, Ramadhan. Lahir dan bathin kita siapkan diri menyambut kehadiran bulan nan agung. Bulan sebagai wadah menambung amal. Wallahu a’lam bishshawab.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 4 Juni 2016 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: