RSS

Cara Menghindari Zina

MENGHINDARI perbuatan zina dan pergaulan bebas adalah menghindari juga penyebab zina. Tidak ada asap kalau tidak ada api. Sebagai manusia kita memang tak luput dari kesalahan, khilaf dan dosa, bahkan kadang tak sadarkan diri telah berbuat dosa, sampai akhirnya lupa dengan dosa-dosa. Zina adalah melakukan hubungan biologis layaknya suami isteri di luar tali pernikahan yang sah. Rasululah SAW telah memberikan peringatan bahwa merebaknya perzinahan merupakan salah satu tanda kehancuran peradaban manusia dan merupakan tanda-tanda datangnya kiamat. Firman Allah dalam Al Quran, “Dan janganlah kalian mendekati zina; karena zina itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk.” (QS Al-Isra: 32).
Dari Abu Hurairah ra. dari Rasulullah SAW, beliau bersabda: “Sesungguhnya manusia itu telah ditentukan nasib perzinaannya yang tidak mustahil dan pasti akan dijalaninya. Zina kedua mata adalah melihat, zina kedua telinga adalah mendengar, zina lidah adalah berbicara, zina kedua tangan adalah menyentuh, zina kedua kaki adalah melangkah, dan zina hati adalah berkeinginan dan berangan-angan, sedangkan semua itu akan ditindak lanjuti atau ditolak oleh kemaluan.” (HR. Muslim)
Pergaulan bebas adalah suatu tindakan yang di lakukan sesuai dengan keinginan nafsu yang tak terkendali. Merupakan sebuah proses pergaulan atau pertemanan yang tanpa batas. Adapun yang di maksud di sini adalah pergaulan antara lawan jenis, yaitu antara laki-laki dan perempuan, baik orang tua maupun muda yang tidak ada hubungan mahram.
Istilah pergaulan bebas, berhubungan erat dengan yang namanya Dugem (dunia gemerlap). Sudah menjadi rahasia umum bahwa di dalamnya marak sekali pemakaian narkoba. Ini identik sekali dengan melakukan zina, miras dan narkoba. Yang akhirnya berujung kepada HIV/AIDS. Dan pastinya setelah terkena virus ini kehidupan akan menjadi suram dari segala segi. Sebuah pergaulan yang sehat tentunya harus mengindahkan etika dan akhlak serta rambu-rambu agama. Apabila nilai-nilai ini sudah tidak diindahkan lagi, sudah termasuk dalam kategori pergaulan bebas. Sebagai contoh adalah seorang anak laki-laki dan perempuan yang berduaan di tempat yang sunyi melakukan perbuatan yang seharusnya hanya pantas dilakukan oleh suami istri. Hal ini sudah termasuk ke dalam pergaulan bebas yang sangat terlarang dalam ajaran Islam. Berikut ini diantara cara ampuh menghindari perbuatan zina dan pergaulan bebas:
1. Cara Menghindari Zina Mata Sebaiknya menjaga pandangan kedua mata dari hal-hal yang dilarang oleh Al-Quran, mulai dari menjaga pandangan dengan lawan jenis yang bukan mukhrimnya. Menonton penyanyi dangdut yang goyangannya ‘aduhai’. Dengan kemudahan akses internet saat ini, gambar-gambar diri yang tidak senonoh bisa menyebar dengan sangat cepat kepada siapapun dan di manapun tanpa bisa dikendalikan. Video dewasa, foto-foto telanjang, ngintip orang mandi dan sejenisnya.
Sebisa mungkin kita menghindarinya. Jika terlanjur menikmati, maka kadang akan membuat diri ini ketagihan, alangkah baiknya untuk mencegah daripada mengobati. Oleh karena itu sebisa mungkin kita untuk menjaga pandangan dari hal-hal yang menuju suatu jalan kenistaan. Cepat atau lambat hal ini bisa menjadi fitnah, beban dan aib bagi kehidupannya. Orang lain bisa menggunakannya untuk keperluan pemerasan, eksploitasi, dan mencari keuntungan dari gambar-gambar atau video yang tidak senonoh itu. Serta sesuatu yang bisa membuat nafsu seseorang memuncak sampai di ubun-ubun.
2. Cara Menghindari Zina Telinga Hindari mendengarkan suara rayuan dari lawan jenis. Seks via telepon dan sebagainya. Hindari pula bercanda berlebihan dalam mengobrol dengan lawan jenis yang bukan muhrim, terutama pada remaja yang rentan akan kemaksiatan, sebisa mungkin kita mencegah hawa nafsu kita. Kemudian jauhilah lingkungan atau pergaulan bebas yang sering membicarakan sesuatu bersifat mesum, perkataan mesum, yang tidak bermanfaat. Hal tersebut adalah umpan untuk berbuat zina.
3. Cara Menghindari Zina Hati. Arti zina hati adalah berangan-angan atau membayangkan bersetubuh dengan seseorang yang diinginkan. Hindari pikiran kosong. Tak usah terlalu khawatir pada setiap persoalan cinta. Lakukan aktifitas positif dan kreatif serta jangan menganggur. Hal ini bisa membuat mengalihkan perhatian dan pikiran yang berbau mesum. Ikutlah kegiatan olah raga, ekstrakurikuler, kursus, bimbingan belajar, pekerjaan sambilan, pekerjaan tambahan dan lain-lain. Dengan sibuk dengan berbagai aktivitas dapat menyebabkan perhatian kita selalu ke arah yang positif. Ingatlah selalu bahwa Allah SWT selalu bersama orang-orang yang sabar.
4. Cara Menghindari Zina Lidah. Jagalah mulut dan lidah, janganlah terlau sering berbicara dan bercerita jorok. Hindari berbicara hanya berdua dengan lawan jenis yang bukan muhrim. Pergaulan bebas remaja dan muda-mudi memang sudah sangat tipis batasannya. Tidak mudah untuk membatasi pergaulan bebas tersebut. Ditambah lagi dengan berbagai kemudahan akses internet, baik melalui telpon, SMS, chatting, dan situs jejaring sosial. Dengan berbagai sarana teknologi itu pergaulan remaja pada umumnya saat ini menjadi begitu dekat dan mudah untuk berbuat zina.
5. Cara Menghindari Zina Tangan. Setelah menyaksikan dan mendengar sesuatu yang bisa membangkitkan nafsu birahi, selanjutnya adalah beraksi dengan tangan. Diantaranya, meremas payudara atau bokong, onani bagi cowok, masturbasi bagi cewek. Hal tersebut dilakukan oleh tangan untuk memuaskan nafsu liar yang makin brutal. Hal ini bisa dihindari dengan mengalihkan ke kegiatan positif ketika terbersit keinginan untuk onani atau masturbasi.
6. Cara Menghindari Zina dan Pergaulan Bebas dengan Menutup Aurat. Menutup aurat merupakan langkah awal menghindari perbuatan yang dilarang oleh agama Islam. Aurat merupakan bagian dari tubuh yang harus dijaga, dilindungi, dan ditutupi agar terjaga dari pandangan lawan jenis. Perempuan memiliki aurat, sebaliknya laki-laki juga memiliki aurat. Aurat perempuan adalah seluruh bagian tubuh kecuali wajah dan kedua telapak tangan. Sedangkan aurat laki-laki adalah bagian tubuh antara pusar sampai dengan lutut. Perempuan wajib menjaga aurat dari pandangan laki-laki yang bukan mahramnya. Demikian juga sebaliknya, laki-laki wajib menjaga auratnya dari pandangan perempuan yang bukan mahramnya. Maksudnya mahram adalah laki-laki dan perempuan yang haram untuk menikah. Sebagaimana firman Allah dalam Al Quran, “Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya” (QS. An Nur: 31).
7. Cara Menghindari Zina dan Pergaulan Bebas dengan Puasa. Cara lain yang bisa ditempuh untuk menahan nafsu bagi para pemuda dan remaja yang belum menikah adalah dengan berpuasa sunnah. Islam itu indah dan sehat, dengan taat beribadah dan rajin puasa maka otomatis pikiran dan hati menjadi bersih dan jernih. “Wahai para pemuda, barangsiapa di antara kalian mampu ba`ah maka menikahlah karena hal itu dapat menundukkan pandangan dan menjaga kemaluan, barangsiapa yang tidak mampu, hendaklah berpuasa karena hal itu dapat menekan hawa nafsunya.” (HR Ahmad).
Untuk melengkapi cara ampuh menghindari zina dan pergaulan bebas, tingkatkanlah iman dan taqwa sesuai Al Quran. Beruntunglah bagi para pemuda dan remaja yang bisa menjaga pandangan dan kemaluannya dari pergaulan bebas sesuai dengan ajaran Islam. Islam mengajarkan pergaulan yang sehat, bernilai positif, dan mengandung manfaat. Pergaulan yang sehat antara laki-laki dan perempuan merupakan pergaulan yang terbebas dari nafsu yang bisa mengarah kepada hubungan seksual di luar nikah. Wallahu a’lam bissawab.

 

Komentar ditutup.

 
%d blogger menyukai ini: