RSS

Puasa Meningkatkan Kesehatan

SAAT Ramadhan tiba, umat Islam mendapatkan kesempatan untuk berburu pahala sebanyak-banyaknya. Salah satu ibadah wajib di bulan Ramadhan adalah puasa, yaitu menahan lapar dan haus serta menahan hawa nafsu dari terbit fajar sampai terbenam matahari.
Tak hanya mendapatkan pahala ketika menjalankannya, puasa Ramadhan bagi umat Islam juga mendapatkan bonus. Yaitu kesehatan tubuh akan semakin baik ketika menjalani puasa.

Sebagai pengetahuan, serta motivasi agar tambah semangat dalam menjalankan ibadah puasa, berikut kami kutipkan 8 manfaat puasa bagi kesehatan :
1. Baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah
Penyakit jantung merupakan penyakit yang ditakuti kebanyakan orang. Penyakit ini telah membunuh banyak orang karena adanya gaya hidup yang tak sehat. Untungnya dengan berpuasa, kita akan membantu meningkatkan kesehatan jantung sehingga terbebas dari resiko serangan jantung. Ketika berpuasa tubuh melakukan peningkatan HDL dan penurunan LDL yang berdasarkan penelitian akan sangat baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.
2. Mencegah penyakit kronis
Puasa menahan lapar dan haus serta menahan amarah. Keadaan ini akan membuat psikologi seseorang semakin tenang sehingga dapat menurunkan kadar adrenalin dalam tubuh. Turunnya adrenalin akan mencegah pembentukan kolesterol dan kontraksi empedu yang lebih baik sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit kronis seperti jantung koroner dan stroke.
3. Menyehatkan Ginjal
Ginjal berfungsi sebagai saringan zat berbahaya dari apapun yang kita makan dan minum. Fungsi ginjal akan maksimal bila kekuatan osmosis urin mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. Dengan kurangnya asupan air saat puasa, target ini dapat tercapai sehingga baik untuk kesehatan ginjal.
4. Mencegah obesitas
Puasa akan mampu mencegah obesitas karena saluran pencernaan dan usus akan lebih bersih dari endapan sisa makanan. Jika pencernaan bersih maka sisa endapan yang menumpuk di perut tidak ada sehingga membuat badan lebih sehat dan tidak memiliki berat badan berlebih.
5. Meningkatkan kekebalan tubuh
Dibalik kewajiban menahan haus dan lapar serta nafsu mulai dari setelah waktu sahur sampai waktu maghrib, puasa juga menyimpan banyak maslahat bagi manusia. Manfaat puasa selain meningkatkan aspek rohani, juga meningkatkan daya tahan tubuh serta meremajakan tubuh dari sel-sel yang telah mati.
6. Mampu berpikir tajam dan lebih kreatif
Puasa membuat pikiran menjadi lebih tenang dan juga melambat, uniknya menurut penelitian ternyata pikiran yang melambat ini membuatnya justru bekerja lebih tajam. Selain itu ditinjau dari segi insting, masalah rasa lapar adalah masalah kelanjutan hidup sehingga wajar jika rasa lapar memaksa kita untuk berpikiran lebih tajam dan kreatif.
7. Mencegah diabetes
Diabetes disebabkan karena tingginya kadar gula dan kolesterol dalam tubuh. Dengan berpuasa konsumsi gula dan makanan berlemak akan lebih terkontrol sehingga dapat mencegah diabetes dan penyakit turunannya.
8. Menyembuhkan nyeri sendi
Sel penetral alami dalam tubuh akan meningkat saat puasa. Dengan ini lambat laun penyakit encok dan nyeri sendi akan menuju kesembuhan. Sebuah penelitian menemukan adanya korelasi antara meningkatnya kemampuan sel penetral (pembasmi bakteri) dengan membaiknya radang sendi penyebab encok.

Mari kita jadikan puasa Ramadhan bukan hanya sekedar menjalankan kewajiban terhadap Allah SWT, tetapi juga demi memelihara kesehatan tubuh (jasmani) agar tetap prima. Juga menghidari pemikiran jelek yang dapat mengelorakan prasangka keji, hina dan kotor yang bisa merugikan orang lain dan bahkan berakibat meruntuhkan pahala puasa kita sendiri.

كَمْ مِنْ صَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ صِيَامِهِ اِلاَّ الْجُوْعُ وَ الْعَطَشُ
“Betapa banyak orang-orang yang berpuasa, namun tidak mendapatkan balasan kecuali lapar dan haus”.
Akhirnya, khotbah ini hendak mengatakan bahwa mari kita mengetuk jendela hati kita masing-masing untuk berikhtiar membuka pintu-pintu ibadah dan berupaya menutup pintu-pintu kezaliman yang selalu akrab di sekitar kita.
Sama-sma kita sanjung gempita peluang berharga yang dihadiahkan Allah SWT, berupa bulan Ramadhan Mubarak, yang kita bercengkrama di dalamnya akan meraih kasing sayang, pengampunan dan pembebasan dahsyatnya panas neraka dari Allah Yang Maha Sempurna dan penyempurna manusia.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: