RSS

Berbagai Kegiatan

50. Kihajar AwardSebagai pembuktian bahwa proses pembelajaran di SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi telah berbasis TIK, setiap ajang Kihajar Award yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, sekolah ini selalu berpartisipasi. Bahkan saat pengumuman pemenang selalu membawa penghargaan. Hal ini membuktikan bahwa sekolah binaan provinsi ini, baik guru maupun siswanya piawai dalam bidang TIK. Sekali tidak “klik” tertinggal seribu informasi. Begitu semboyan mereka. Tidak heran, bukan saja Ujian Nasional (UN), ujian semester saja telah menggunakan computer based test (CBT).

gb. SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi (12) Kegiatan penyembelihan hewan qurban oleh guru dan siswa SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi setiap hari raya Idul Adha. Kegiatan ini sebagai implementasi peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT khususnya kepada peserta didik dan keluarga besar SMAN Titian Teras pada umumnya.
Daging qurban dibagikan kepada yang berhak menerimanya, terutama kepada warga kurang mampu yang berdomisili di sekitar sekolah. Setiap kegiatan selalu meriah, khitmat dan terjalin kerja sama yang baik.

gb. SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi (11) Kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) seperti Isra dan Mi’raj, Maulid Nabi Muhammad SAW, Tahun Baru Islam, Halal Bi Halal dan lain-lain di SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi pun tidak pernah terabaikan. Pihak sekolah selalu mengundang ustad (penceramah) yang memiliki disiplin ilmu di bidang-bidang keagamaan, sehingga peserta didik mampu menyerap lebih mendalam tentang ilmu agama, selain dari guru agama mereka.Ketercapaian pendidikan karakter harus berakar dari pembinaan keagamaan dan budi pekerti.

gb. SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi (9)
Negeri yang sudah berstatus darurat narkoba, tidak bisa dibiarkan begitu saja. Jangan sampai menular pada generasi penerus bangsa. Sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan obat-obat terlarang, SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi mengadakan penyuluhan kepada peserta didik tentang pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.
Katakan “YES” pada prestasi dan katakan “NO” pada narkoba. Sudah banyak yang jadi korban, jangan diperpanjang lagi deret ‘neraka’ itu.

gb. SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi (17)
Sebagai upaya menanamkan kepedulian peserta didik pada masyarakat kurang mampu, SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi setiap tahun mengadakan bhakti sosial di tengah-tengah masyarakat. Kegiatan berupa pengobatan gratis, pembagian paket sembako, gotongroyong rumah ibadah dan tempat-tempat umum, kunjungan ke panti-panti dan sebagainya. Calon pemimpin masa depan harus dibekali rasa kepedulian pada sesama, agar tertanam jiwa kepedulian pada masyarakat lemah.

gb. SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi (21)
Menghindari kejenuhan proses pembelajaran dalam kelas, SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi memiliki program tahunan studi lapangan. Memilih daerah yang kaya akan sumber alam, sejarah, norma keagamaan, keunikan adat istiadat, ekonomi, georafis dan sebagainya, selalu jadi obyek observasi. Selain meraih ilmu pengetahuan, mereka juga dituntut mampu berintraksi dan membaur pada masyarakat, daerah mereka sendiri. Ilmu dapat, ketentraman batin pun tercapai.

gb. SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi (20)
Satu lagi program handalan SMAN Titbdurrahman Sayoeti Jambi, ‘studi wisata’. Mengisi waktu liburan setelah jenuh belajar di sekolah, peserta didik diajak berstudi wisata, untuk mengenal nusantara yang kaya akan keindahan alam, keanekaragaman seni, adat dan budaya bangsa serta tempat perguruan tinggi wadah meneruskan jenjang pendidikan setelah tamat SMA. Perjalanan melelahkan meningkatkan rasa cinta pada tanah air.
Tur pun melayani rute luar negeri, Malaysia, Singapura, Thailand dan sekitarnya.

gb. SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi (24)
Mengenal lebih dekat wadah penerbitan media cetak yang setiap hari mewartakan daerah Jambi pun tidak luput dari kegiatan SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi. Dari kunjungan itu peserta didik dibeberkan bagaimana proses peliputan sebuah berita, penulisan, pengeditan, tata letak, hingga percetakan dan akhirnya sampai ke tangan pembaca. Sungguh suatu pengalaman yang sangat berharga. Betapa sulit dan rumitnya tahapan penulisan berita sehingga sampai ke tangan pelanggan.

gb. SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi (35)
Observasi Siswa SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Jambi Program IPA menjadi agenda rutin tahunan sekolah. Obyeknya adalah perusahaan yang menghasilkan produksi melalui berbagai tahapan proses, dan memiliki nilai ilmu pengetahuan dan teknologi bagi siswa. Bukan hanya dalam provinsi setempat bahkan provinsi tetangga. Harapan dari observasi ini adalah siswa akan menambah perbendaharaan ilmu alam selain yang didapatkan dari proses pembelajaran di sekolah bersama guru-guru mereka.

 

Komentar ditutup.

 
%d blogger menyukai ini: