RSS

Cara-cara Syetan Menggoda Saat Shalat

SYETAN tidak akan pernah berhenti menghasut umat manusia agar berpaling dari kebenaran sesuai janjinya kepada Allah SWT. Ada banyak strategi yang akan ditempuh syetan untuk menjerumuskan manusia ke dalam neraka. Salah satunya dengan menggoda saat manusia melaksanakan shalat. Sebab shalat merupakan pangkal kebaikan yang dapat menjauhkan diri dari perbuatan keji dan munkar. Sehingga seorang mukmin yang melaksanakan shalat dengan sempurna, akan menjadi momok yang menakutkan bagi syetan.
Oleh sebab syetan akan terus berupaya menggoda manusia saat melaksanakan shalat. Sehingga apabila tergoda, maka shalat yang dilaksanakan menjadi tidak sah di mata Allah SWT. Lalu apa saja godaan syetan saat manusia sedang shalat?

1. Ragu ketika wudhu
Godaan syetan yang pertama saat manusia akan melaksanakan shalat adalah ragu-ragu saat berwudhu. Dalam sebuah riwayat disebutkan dari Ubay bin Ka’ab bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya di dalam wudhu ada syetan yang dikenal dengan al-Walhan. Karena itu berhati-hatilah kalian dari bisikkan air.” (Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al Hakim).
Ibnu Qayyim pun mengatakan bahwa termasuk tipu daya syetan yang banyak mengganggu mereka adalah was-was dalam bersuci (berwudhu) dan niat atau saat takbiratul ihram dalam shalat. Sehingga was-was itu membuat mereka tersiksa dan merasa tidak tentram.
Kemudian dari Abdullah bin Mughofal, Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah kamu kencing di air pemandian karena umumnya bisikan itu berasal dari tempat itu”. (Riwayat Abu Dawud dengan lafadz “Janganlah kamu kencing ditempat pemandian lalu mandi di tempat itu.”) Imam Ahmad menambahkan “Kemudian ia berwudhu, karena sesungguhnya was-was itu pada umumnya berasal dari situ”.

2. Salah bacaan
Mungkin kita pernah merasa tidak bisa berkonsentrasi saat shalat, sehingga surat yang dibaca entah kemana-mana. Bahkan terkadang kita merasa lupa sehingga terbata-bata saat membacanya. Perlu diketahui bahwa hal tersebut merupakan salah satu tipu daya syetan. Dan syetan yang mengganggu manusia hingga lupa dan salah dalam membaca surah disebut dengan Khinzib.
Sebagaimana diceritakan oleh Utsman bin Abil ‘Ash yang datang dan mengadu kepada Rasulullah SAW, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya syetan telah hadir dalam shalatku dan membuat bacaanku salah dan rancu”. Rasulullah SWT menjawab, “Itulah syetan yang disebut dengan Khinzib. Apabila kamu merasakan kehadirannya, maka meludahlah ke kiri tiga kali dan berlindunglah kepada Allah SWT. Akupun melakukan hal itu dan Allah SWT menghilangkan gangguan itu dariku” (HR. Muslim)

3. Lupa rakaat shalat
Tidak sedikit dari umat muslim yang pernah merasa lupa telah mengerjakan shalat berapa rakaat. Sehingga seseorang yang mengalami hal ini menjadi ragu dan akhirnya melaksanakan shalat dengan tidak khusyuk. Hal ini juga termasuk salah satu godaan syetan saat manusia shalat.
Sebagaimana diriwayatkan bahwa, “Jika salah seorang dari kalian shalat, syetan akan datang kepadanya untuk menggodanya sampai ia tidak tahu berapa rakaat yang ia telah kerjakan. Apabila salah seorang dari kalian mengalami hal itu, hendaklah ia sujud dua kali (sujud sahwi) saat ia masih duduk dan sebelum salam, setelah itu baru mengucapkan salam” (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Membuat ragu apakah telah kentut/ berhadas
Godaan selanjutnya yang dilakukan syetan adalah membuat manusia merasa ragu apakah ia telah kentut atau berhadas pada saat shalat. Pada saat itu, syetan akan menggoda orang tersebut dengan memasuki pikirannya dan mengatakan bahwa ia telah berhadas, padahal orang tersebut sama sekali tidak berhadas. Dengan demikian tentu saja hal ini dapat mengganggu kekhusyukann shalat.
Sebagaimana Ibnu Mas’ud meriwayatkan bahwa, “Sesungguhnya syetan-syetan mengalir pada peredaran darah manusia hingga ia datang pada salah seorang kamu dalam shalatnya maka ia meniup pada duburnya dan ia membasahi saluran kencingnya kemudian ia berkata ‘engkau telah berhadas’. Maka janganlah berpaling salah seorang kamu hingga ia mencium bau atau mendengar suara atau mendapatkan basah”.

5. Merasa mengantuk
Saat sedang shalat, sering kali kita merasa mengantuk kemudian menguap. Hal tersebut merupakan salah satu cara syetan menggoda manusia saat melaksanakan shalat. Selain itu, apabila pada saat menguap kita tidak menutup mulut, maka syetan akan masuk kedalam tubuh melalui mulut yang terbuka tersebut. Oleh sebab itu dianjurkan untuk menahan rasa kantuk tersebut agar shalat tetap khusyuk. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Menguap ketika shalat itu dari syetan. Karena itu bila kalian ingin menguap, maka tahanlah sebisa mungkin” (HR Thabrani).
Kemudian diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud oleh Ath-Tabrani bahwa, “Mengantuk ketika berperang adalah ketentraman dari Allah SWT dan dan mengantuk ketika shalat adalah dari syetan.”

6. Menguap, bersin, muntah dan mimisan
Selain mengantuk dan menguap, syetan juga menggoda manusia dengan cara bersin, muntah dan mimisan. Sebagaimana diriwayatkan dari Ibnu Syaibah dan ath-Tabrani bahwa, “Menguap dan bersin dalam shalat adalah dari syetan”.
Kemudian At-Tirmidzi dari Dinar juga mengatakan bahwa, Rasulullah SAW bersabda, “Bersin, mengantuk, menguap dalam shalat, haid, muntah dan mimisan adalah dari syetan”.

7. Mengingat sesuatu yang tadinya terlupa
Kemudian cara lain yang dilakukan syetan untuk menggoda manusia saat shalat adalah dengan membuat manusia mengingat kembali sesuatu yang tadinya terlupakan. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Apabila dikumandangkan azan shalat, syetan akan berlari seraya terkentut-kentut sampai ia tidak mendengar suara azan tersebut. Apabila muadzin telah selesai azan, ia kembali lagi. Dan jika iqamat dikumandangkan, ia berlari. Apabila telah selesai iqamat, dia kembali lagi. Ia akan selalu bersama orang yang shalat seraya berkata kepadanya: “Ingatlah apa yang tadinya tidak kamu ingat!”, sehingga orang tersebut tidak tahu berapa rakaat ia shalat” (HR Bukhari)

8. Menoleh ke kiri dan kanan saat shalat
Ketika shalat kita diminta khusyuk dan tidak menoleh ke kanan dan kiri. Namun syetan sering kali menggoda manusia untuk melirik bahkan menoleh ke kiri dan kanan. Sebagaimana disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah ra bahwa, “Aku bertanya kepada Rasulullah SAW tentang hukum menengok ketika shalat. Lalu Rasulullah SAW menjawab, “Itu adalah curian syetan atas shalat seorang hamba.” (HR.Bukhari)

Oleh sebab itu, ketika shalat maka pusatkan pikiran dan perhatian untuk Allah SWT semata. Sebab saat kita berkonsentrasi ketika beribadah melaksanakan shalat, maka jalan syetan untuk menggoda manusia semakin kecil. Wallahu a’lam bissawab.

 

Komentar ditutup.

 
%d blogger menyukai ini: